Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Kurasi Produk Unggulan untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif Banua

×

Kurasi Produk Unggulan untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif Banua

Sebarkan artikel ini
KURASI EKRAF - Dinas Pariwisata Kalsel Bidang Ekonomi Kreatif Kelembagaan dan Pengembangan SDM Pariwisata menggelar Kurasi Ekonomi Kreatif Unggulan Kalsel tahun 2024 di Banjarmasin. ((KP/Repro Abdi Persada FM))

Banjarmasin, KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel), melalui Dinas Pariwisata Kalsel Bidang Ekonomi Kreatif Kelembagaan dan Pengembangan SDM Pariwisata menggelar Kurasi Ekonomi Kreatif Unggulan Kalsel tahun 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, diwakili Kasi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dispar Kalsel Faturrahman, mengatakan kegiatan ini untuk terus mempromosikan, mengembangkan dan meningkatkan visibilitas serta nilai tambah produk-produk kreatif di Banua. Selain itu, juga untuk memperluas pasar bagi produk-produk lokal.

“Kami ingin mencari para pelaku Ekraf di Kalsel, menjadikan mereka binaan Dispar Kalsel. Kemudian diberikan pelatihan, pemasaran yang intensif, dan fasilitasi berupa permodalan,” ungkapnya, usai pembukaan pada Rabu (24/4/2024), dilansir Abdi Persada FM.

Disampaikan Faturrahman lagi, dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng tiga orang kurator terbaik, sesuai bidang subsektor seperti kuliner, fesyen dan kriya, diantaranya Agus Gazali Rahman atau lebih dikenal Agus Sasirangan Chef dan Enterpreneur, Dicky Maryoga Hutadjulu Lecturer of Fashion Program Binus Universitas Internasional, dan Tisa Granicia CO Founder Kanduro Studio.

“Kurasi Ekonomi Kreatif Unggulan Kalsel tahun 2024, diikuti 38 peserta se-kabupaten dan kota,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Tim Kurator dari Subsektor Kuliner Agus Gazali Rahman, menambahkan, dari puluhan peserta untuk subsektor kuliner, poin penting diberikan penilaian nanti diantaranya kuliner yang memiliki keunikan, tahan lama, dan memiliki kearifan lokal. Dimana, produk usaha yang dipasarkan tidak hanya ditingkat Nasional juga ke Mancanegara.

“Kegiatan ini tentu akan membuat pelaku usaha khususnya bidang Kuliner akan memiliki ciri khas produk usahanya,” beber Agus Sasirangan.

Sebagai informasi, kegiatan Kurasi Ekonomi Kreatif Unggulan Kalsel ini diadakan di salah satu hotel di Banjarmasin selama dua hari, mulai 24-25 April 2024. (Opq/K-1)

Iklan
Baca Juga:  Honda Premium Matic Day, di Rumah Aja Bisa Dapat Promo Honda
Iklan