Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Pemprov Kalteng Akan Giatkan Koperasi dan Tingkatkan Peran UMKM

×

Pemprov Kalteng Akan Giatkan Koperasi dan Tingkatkan Peran UMKM

Sebarkan artikel ini
-Wagub Kalteng Edy Pratowo. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo membuka kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Tingkat Provinsi Tahun 2024, di Palangka Raya, Senin (29/4/2024).

Gubernur Kalteng melalui Wagub Edy Pratowo mengatakan kegiatan rakorda ini merupakan forum yang sangat strategis untuk membangun, meningkatkan, dan memperkuat sinergi, serta kerja sama antara Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam kerangka integrasi, sinkronisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan Koperasi dan Usaha Kecil, dan Menengah (UKM).

“Pemerintah Pusat dan Daerah perlu untuk terus memantapkan koordinasi dalam rangka mendorong efektivitas kegiatan Prioritas Nasional, Unggulan, dan Strategis, antara lain seperti Penataan dan Pengembangan, serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan Pelatihan UMKM dan Kewirausahaan,” ujarnya.

Menurut Wagub, pengembangan koperasi dan UKM harus didukung dengan cara memfasilitasi, memberdayakan, dan menggerakkan sektor-sektor strategis dan potensi-potensi unggulan, sehingga akan mengangkat perekonomian daerah.

“Selain menggiatkan kembali koperasi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga sudah membuat suatu sistem informasi untuk melakukan inventarisasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas bagi para pelaku UMKM se-Kalimantan Tengah melalui Sistem Informasi TABE (Tangan Berkah),” imbuhnya.

Wagub menyebutkan untuk menguatkan dan mengembangkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi, perlu adanya kajian pembentukan dan pengembangan program Inkubasi Terpadu Pusat dan Daerah.

“Kita berharap kegiatan ini diikuti dengan baik, sehingga memberi pengetahuan dan pemahaman kepada para Pembina Koperasi dan UKM se-Kalimantan Tengah, serta mampu diimplementasikan untuk memajukan koperasi dan UMKM,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provonsi Kalteng Norhani dalam laporannya, menjelaskan kegiatan rakorda ini bertujuan untuk meningkatkan kontribusi UMKM dalam perekonomian daerah; meningkatkan laporan akuntabilitas kinerja Perangkat Daerah; dan menginventarisir permasalahan UMKM di kabupaten dan kota.

Baca Juga:  DPRD Minta Masyarakat Bijak Bermedsos.

Pada agenda tersebut hadir para narasumber yakni dari Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan SDM Aparatur Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota se-Kalteng beserta jajaran, dan Pejabat Bappedalitbang Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Kalteng. (drt/KPO-3)


Iklan
Iklan