Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Persiapan Paskah Nasional 80 Persen, Masih Minim Bantuan

×

Persiapan Paskah Nasional 80 Persen, Masih Minim Bantuan

Sebarkan artikel ini
-Ketua Panitia Paskah Nasional Pdt.Maruba Rajagukguk. (Kalimantanpost.com/ Repro panpelpaskahnasional)

PALANGKA RAYA, Kalimantampost.com – Meski minim bantuan, umat Kristiani Indonesia dipastikan tetap merayakan Paskah Nasional yang digelar di Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada 25-26 April 2024.

Ketua Panitia Pelaksana lokal Pdt Dr Maruba Rajagukguk, Senin (23/4/2024) mengakui memasuki H-2 masih terkendala kesiapan dana, karena bantuan sangat minim dari pemerintah.

Ditegaskannya, panitia pelaksana Paskah Nasional tetap terus berjuang keras agar kegiatan bisa terlaksana dengan sukses, dan kini persiapan telah 80 persen.

“Karena tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan”, ujar Maruba Rajagukguk di Sekretariat Panitia.

“Kita memang sangat memerlukan bantuan dana untuk tiap bidang-bidang. Keterbatasan dana inilah yang sempat menjadi pergerakan kita lambat,” terang Maruba.

Terkait kesiapan, ia merasa bersyukur karena mendapat bantuan konsumsi dan perlengkapan acara dari Pemerintah Kalteng.

“Kami sangat apresiasi atas dukungan Rp10 ribu/jemaat Kristiani di Kalteng terselenggaranya acara paskah nasional,” kata Pdt Dr Maruba.

Ketua PGLII Kalteng ini menyatakan hanya beberapa saja yang memberikan dukungan dari pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Padahal sebelumnya panitia sudah langsung mendatangi masing-masing Pemerintah Daerah.

Sejauh ini, Maruba tetap berharap pemerintah kabupaten/kota dapat membantu memfasilitasi umat Kristiani datang ke Palangka Raya meramaikan Paskah Nasional di kota Palangka Raya.

Dijelaskan, hanya beberapa kabupaten saja yang membantu Paskah Nasional. Terkait dukungan Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, ‘belum memberikan respon padahal Kota Palangka Raya menjadi tuan rumah di pergelaran akbar ini,” ujarnya

Menurut Pdt Dr Maruba, Paskah Nasional sebelumnya akan dihadiri Presiden Joko Widodo, namun karena berhalangan hadir kemudian didelagasikan ke Menteri Agama.

Karena Mentri Agama masih berada di Mekkah, didelagasikan ke Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Dr Jeane Marie Tulung, dan direktur urusan Agama Kristen berserta jajaran.

Baca Juga:  DPRD Berharap Rotan Kembali Berjaya di Kalteng

“Kita optimis paskah nasional ini akan meriah dengan dihadiri oleh kurang lebih 16 ribu-20 ribu peserta dari berbagai provinsi di seluruh indonesia,” ucapnya.

Maruba juga menyampaikan rasa apresiasinya terhadap elemen masyarakat Kalteng mendukung terselenggaranya, serta pemikiran dan masukan dari ormas-ormas Islam yang bersedia menurunkan pemuda untuk siap melakukan pengamanan dan meramaikan Paskah Nasional khususnya Karnaval dan Ibadah Paskah Senaman Mantikei.

Dikemukakannya, pihaknya sangat berterima kasih kepada Ketua FKUB Kalteng Prof Dr H Bulkani, Kepala Kemenag Wilayah Kalteng Dr H Noor Fahmi MM dan ormas lainnya yang sudah ambil bagian mendukung penuh terlaksananya Paskah Nasional 2024 di Palangka Raya ini.

“Kita berharap Perayaan Paskah Nasional di Palangka Raya, nantinya dapat berjalan sukses, dan meninggalkan kesan yang baik bagi seluruh umat Kristiani Indonesia yang hadir dalam acara ini,” ucapnya. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan