Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Sampah dan Eceng Gondok di Sungai Belum Diberdayakan

×

Sampah dan Eceng Gondok di Sungai Belum Diberdayakan

Sebarkan artikel ini
LIMBAH- Inilah limbah enceng gondok dan sampah yang dikelola di Pusat Daur Ulang (PDU) Sungai Gampa, di Kecamatan Banjarmasin Utara yang belum dimanfaatkan secara maksimal. (KP/Takapanlayar)

Banjarmasin, KP – Sampai sekarang ini Pemerintah Kota Banjarmasin mengakui masih terbatas dalam memanfaatkan limbah dan sampah yang dikelola di Pusat Daur Ulang (PDU) Sungai Gampa, di Kecamatan Banjarmasin Utara.

Padahal, limbah limbah maupun sampah sampah seperti limbah plastik, kayu memiliki potensi untuk dikembangkan.

Lain halnya dengan limbah dari eceng gondok maupun limbah organik lainnya, sejauh ini pemanfaatannya maksimal dijadikan sebagai pupuk kompos.

Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Marzuki, tak menampik jika pihaknya masih terbatas memanfaatkan limbah dan sampah yang dikelola Pusat Daur Ulang (PDU) Sungai Gampa, Banjarmasin Utara tersebut.

Meski begitu, Ia mengatakan jika tumbuhan air eceng gondok dan gulma yang kerap mencemari Sungai Martapura itu berhasil diangkut setiap harinya mencapai 500 kg bahkan bisa 1 ton.

“Eceng gondok yang berada di sungai setiap harinya kami ambil. Rata-rata ada setengah ton yang kita proses untuk dijadikan kompos,” ujarnya belum lama tadi.

Sebenarnya, sambung dia, DLH ingin mengembangkan jauh lebih banyak lagi memanfaatkan potensi limbah itu.

Akan tetapi karena keterbatasan anggaran dan alat, sehingga hanya memanfaatkan yang ada.

Terkait kompos diproduksi, akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan misalnya untuk taman umum, taman sekolah dan lingkungan warga. Kompos dibagikan secara gratis dan masyarakat bisa mengambilnya dengan mengajukan surat maupun proposal.

“Kompos yang kami olah gratis untuk masyarakat. Jumlahnya tidak dibatasi, selama kompos masih ada, warga bisa membawa semampunya. Silahkan warga bisa menghubungi PDU setempat,” pungkasnya.

Iklan
Baca Juga:  Program Ramadan Bersama KKB Berakhir, Ibnu Sina : Semoga KKB Makin Maju
Iklan