Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Distribusi Air Ledeng Sering Macet Pelayanan PTAM Disorot

×

Distribusi Air Ledeng Sering Macet Pelayanan PTAM Disorot

Sebarkan artikel ini
PERBAIKAN- Inilah saat PT AM melakukan perbaikan Pipa yang belakangan ini cukup banyak yang harus dibenai. (KP/Reprohumasptam)

Banjarmasin,KP – Anggota Komisi II DPRD Kota Banjarmasin Hari Kartono menyoroti kinerja PT Air Minum (PTAM) Banjarmasin Terutama dalam memberikan pelayanan distribusi air bersih kepada pelanggan agar lebih maksimal.

“Seperti dalam beberapa bulan terakhir ini sering macetnya dan terhentinya suplai air dari PTAM Bandarmasih ke pelanggan pada sejumlah wilayah,” kata Hari Kartono kepada sejumlah wartawan di gedung dewan, Senin (6/5/2024.

Politisi dari partai Gerindra tersebut, mendesak pihak Dewan Pengawas agar mengawasi kinerja Dirut PTAM Bandarmasih , terutama terkait pelayanan pihak perusahaan akibat sering macet dan sering terhentinya suplai air pada pelanggan.

Ia mengungkapkan, menyusul perubahan status badan hukum perusahaan melayani kebutuhan air bersih ini jajaran PTAM Bandarmasih dalam kesempatan rapat dengan komisi II DPRD Kota Banjarmasin sudah berjanji untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

“ Terutama untuk pelanggaran di wilayah Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat dan sejumlah wilayah pinggiran lainnya yang sering mengeluhkan distribusi air ledeng tidak lancar dan sering macet,” ujarnya.

Terkait sering kurang lancarnya pelayanan ini Direktur Utama PTAM Bandarmasih, Muhammad Ahdiat menjelaskan tidak bisa dihindari lantaran jaringan perpipaan banyak sudah keropos,sehingga rawan pecah.

Faktor penyebab lain ungkapnya, perlunya pemeliharaan booster.

Kedepan ia menjelaskan, untuk pengembangan peningkatan pelayanan kedepan PTAM Bandarmasih Banjarmasin sudah menyusun program rencana bisnis lima tahun kedepan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Ahdiat menjelaskan, untuk pengembangan peningkatan pelayanan kedepan PTAM Bandarmasih Banjarmasin sudah menyusun program rencana bisnis lima tahun kedepan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Menyinggung program jangka pendek yang akan dilaksanakan Muhammad Ahdiat menjelaskan, peningkatan jaringan perpipaan untuk pelanggan wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat.

Baca Juga:  Diperintah Partai HM Yamin Siap Maju Pilkada Walikota

Selanjutnya,pekerjaan pemasangan pipa diameter 200 mm wilayah Banua Anyar, pembenahan pipa DMA di kawasan Banjar Utara dan Selatan.

Pada program jangka pendek lanjutnya, PTAM Bandarmasih akan melaksanakan penyempurnaan Bar Screen di Intake Sungai Bilu dengan anggaran Rp 550 juta serta pemasangan Plat Settler IPA I A.Yani.

“ Sedangkan jangka menengah PTAM akan melaksanakan program diantaranya penyempurnaan optimalisasi pipa transmisi ke booster Banua Anyar dan booster Gerilya berikut pipa distribusinya,”ujarnya.

Ahdiat mengatakan, karena seluruh program yang direncanakan baik jangka pendek menengah dan jangka panjang ini memerlukan pendanaan, PTAM Bandarmasih berharap dukungan pihak dewan. Seperti melalui persetujuan penyertaan modal maupun sumber pendanaan lainnya. (nid/K-3)

Iklan
Iklan