Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Exco PSSI Vivin Sebut Hubungan Shin Tae-yong dan Elkan Baggot Baik-baik Saja

×

Exco PSSI Vivin Sebut Hubungan Shin Tae-yong dan Elkan Baggot Baik-baik Saja

Sebarkan artikel ini
Tak ada nams Elkan Baggott diantara 22 pemain yang dipanggil menghadapi Irak dan Filipina pra Piala Dunia Piala Asia 2026. (Kalimantanpost.com/Instagram elkanbaggot)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Lini belakang Indonesia krisis centre back menyusul belum bergabung dan cideranya Jay Idzes yang masih membela Venezia dipertandingan play off Seri A Italia.

Saat ini Indonesia hanya memiliki Jordi Amat dan Justin Hubner yang masih belum bergabung dipemusatan latihan di Jakarta dan dua pemain lokal, Rizky Ridho.

Sebenarnya ada alternatif pengganti di posisi center back yakni Sandy Walsh dan Nathan Tjoe-A-On apabila dalam keadaan darurat. Kedua pemain keturunan Indonesia ini sebenarnya di posisi aslinya sebagai bek kanan dan bek kiri.

Di bek center back, ada satu pemain Indonesia yang berkiprah di Liga Inggris, Elkan Baggot. Sayangnya, pelatih Shin Tae-yong tak mendaftarkan diantara 22 pemain dipersiapkan menghadapi pra Piala Dunia Piala Asia 2026 melawan Irak dan Filipina.

Terkait masalah tersebut, Exco Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Vivin Cahyani mengatakan hubungan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dengan salah satu pemainnya, Elkan Baggot, baik-baik saja.

Tidak dipanggilnya bek 21 tahun itu dalam dua laga penutup putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina pada Juni mendapatkan sorotan publik.

Publik beranggapan Shin Tae-yong dan Elkan bersitegang setelah bek kelahiran Bangkok, Thailand itu tidak memenuhi panggilan memperkuat timnas U-23 melawan Guinea di Prancis pada 9 Mei lalu.

Saat latihan perdana timnas Indonesia di Lapangan Sepak Bola B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (28/5) lalu, Shin meminta media menanyakan alasan tidak dipanggilnya Elkan secara langsung kepada bek Ipswich Town tersebut.

Elkan sendiri merupakan salah satu pemain yang paling sering memperkuat timnas senior selama diasuh Shin. Bek bertinggi 1,94 meter itu sudah 22 kali memperkuat timnas.

Baca Juga:  Hak Perbakin Dicabut, KONI HSS Bikin Kebijakan Tetap Fasilitasi Atlet

“Enggak ada isu yang signifikan, enggak ada, semua aman,” kata Vivin kepada Antara setelah mengikuti drawing grup Piala AFF U-16 2024 dan Piala AFF U-19 2024di Studio Emtek, Jakarta, Kamis (30/5).

Vivin menjelaskan tidak dipanggilnya Elkan adalah murni karena alasan strategi Shin Tae-yong dan tidak ada perselisihan antara keduanya.

“Kalau masalah keikutsertaan, pemilihan (pemain) itu ada di pelatih, kami enggak intervensi, masuk line up atau enggak ada di tangan pelatih,” lanjutnya.

Vivin juga menjelaskan kemajuan pembahasan kontrak baru Shin sampai 2027 yang sejauh ini masih dalam kesepakatan verbal.

Ia mengatakan dalam kontrak baru pelatih asal Korea Selatan itu terdapat penyesuaian nominal baru yang akan diterima sang pelatih. Namun, Vivin enggan berbicara banyak.

“Kontrak yang baru ini, ya mestinya ada penyesuaian, bonus, jumlahnya berapa saya kurang paham. Kalau dari kami sama dengan teman-teman yang lain di sisi profesional, kalau mencapai target ya pasti ada compliment,” katanya. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan