Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Hardiknas, Pemprov Kalsel Dukung Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya

×

Hardiknas, Pemprov Kalsel Dukung Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya

Sebarkan artikel ini
Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah pada Pameran Hardiknas Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya di BPMP Provinsi Kalsel. (Kalimantanpost.com/Repro humas pemprovkalsel)

BANJARBARU, Kalimantanpost.com – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melalui Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah mengapresiasi pameran Hardiknas bergerak bersama lanjutkan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya yang diselenggarakan BPMP Provinsi Kalsel dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2024,Jumat (17/5/2024).

Nurul mengatakan pentingnya menjaga keselarasan antara penyelenggaraan pendidikan dengan kurikulum merdeka melalui upaya pelestarian budaya lokal, sebagai bagian dari identitas bangsa Indonesia.

Melalui pameran tersebut sebagai momentum dalam menampilkan berbagai capaian kinerja dan inovasi pendidikan di daerah Kalsel, serta mempromosikan kekayaan budaya lokal.

“Melalui pameran ini, kita dapat melihat secara langsung bagaimana kurikulum merdeka telah memberikan ruang bagi satuan pendidikan di Kalsel dan guru-guru untuk berinovasi dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerah, termasuk memasukkan nilai-nilai kearifan lokal,” ujar Husnul.

Menurutnya, semangat merdeka belajar dan merdeka berbudaya telah mengakar kuat di daerah. Dimana pendidikan adalah tanggung jawab bersama, dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, melalui sinergi yang kuat antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat.

“Pemerintah, berperan dalam menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, serta menyusun kebijakan dan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Lembaga pendidikan bertugas untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Sedangkan masyarakat berperan mendukung dan berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan mutu pendidikan,” jelasnya. (ADV/Dev/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Dinkes Banjarmasin Waspadai DBD Yang Sebabkan Tiga Warga Meninggal
Iklan