Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Inspektorat Kalteng Lakukan Pengawasan Pemerintahan Daerah Kotawaringin Barat

×

Inspektorat Kalteng Lakukan Pengawasan Pemerintahan Daerah Kotawaringin Barat

Sebarkan artikel ini
Penyerahan surat tugas Inspektorat Provinsi ke Pj.Bupati Kotawaringin Barat. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PANGKALAN BUN, Kalimantanpost.com – Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan entry meeting pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat yang berlangsung di Pangkalan Bun, Senin (13/5/2024).

Agenda dalam rangka menjamin terlaksananya penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Tim Pemeriksa Inspektorat Daerah Kalteng yang dipimpin oleh Inspektur Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Saring disambut langsung oleh Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santoso Sudarmadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Rody Iskandar, Inspektur Kabupaten Kotawaringin Barat Isno Pandowo, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Rochim Hidayat.

Dalam pengantarnya, Inspektur Daerah Provinsi Kalteng Saring menyatakan, tujuan dari Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan ketaatan, ekonomis, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan dan sasaran penyelenggaraan tugas dan fungsi Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalteng.

Kemudian guna meningkatnya efetivitas manajemen risiko dan pengendalian dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalteng; dan Meningkatnya tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalteng.

Fokus pengawasan yaitu Aspek Arah Kebijakan dan Agenda Pembangunan Nasional (Pengendalian inflasi, Penguatan Tata Kelola Pemerintah dan Penurunan prevalensi stunting) dan Aspek Pengawasan Teknis Terhadap Prioritas Nasional (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pendidikan dan Kesehatan).

Ia meminta demi kelancaran pelaksanaan kegiatan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, dimohon bantuan kepada Perangkat Daerah terkait dapat memberikan informasi dan data dukung yang diperlukan oleh tim pemeriksa.

“Semua itu agar proses pemeriksaan dapat berjalan lancar, efektif dan efisien sesuai jadwal yang direncanakan, sehingga hasil pemeriksaaan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan,” ucapnya.

Baca Juga:  Dinkes Kalteng Koordinasikan Pengelolaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santoso Sudarmadi dalam sambutannya menyambut baik dan berterima kasih atas upaya pembinaan dan bimbingan yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kalteng.

Dia juga memerintahkan kepada seluruh Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kotawaringin Barat untuk memenuhi segala kebutuhan Tim Pemeriksa, baik keperluan data/dokumen dan keperluan lain untuk menunjang kegiatan pengawasan.

“Dari beberapa aspek yang menjadi fokus pengawasan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, inflasi menjadi salah satu hal yang perlu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Terkait komoditas beras menjadi faktor kunci dalam naik dan turunnya angka inflasi, perlu diketahui selama ini komoditas beras sangat bergantung pasokan dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Hal ini perlu menjadi perhatian untuk disusun langkah strategis untuk memastikan ketersediaan dan terkendalinya harga beras,” tandasnya. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan