Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Murung Raya Juara Pertama Lomba Tari Pedalaman

×

Murung Raya Juara Pertama Lomba Tari Pedalaman

Sebarkan artikel ini
Penampilan salah satu peseta tari pedalaman. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovKalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Grup tari dari Kabupaten Murung Raya tampil sebagai juara pertama Tarian Pedalaman khas suku Dayak Kalimantan Tengah (Kalteng), pada rangkaian Festival Budaya Isen Mulang yang digelar di halaman GOR Serbaguna Indoor, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (22/5/2024) malam,

Kabupaten Barito Utara meraih juara kedua dan Kota Palangka Raya menempati posisi ketiga. Sementara itu, kontingen Kabupaten Barito Selatan meraih juara harapan pertama, Kabupaten Katingan juara harapan, dan Kabupaten Kotawaringin Barat mendapat juara harapan ketiga.

Lomba Tari pedalaman menyajikan secara khusus kekhasan seni tari daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng, yang diyakini memiliki kelebihan dan ciri khas masing-masing sebagai produk masa lampau dan usaha pengembangannya di masa kini.

“Sebagai upaya pelestarian dan promosi seni budaya berbasis kearifan lokal yang dikemas dalam bentuk pertunjukan tari dan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para pelaku seni Kalteng untuk menggelar kreativitas dan kepiawaiannya kepada khalayak luas,” ucapnya.

Lomba Tari pedalaman tersebut diikuti oleh 13 kabupaten/kota se-Kalteng.

Kepala UPT Taman Budaya Wildae D Binti saat membuka lomba tari pedalaman menyampaikan pesan pada malam penutupan, baik juara satu tari pesisir maupun tari pedalaman agar mempersiapkan diri tampil kembali di panggung GOR Serbaguna Indoor untuk disaksikan bersama-sama sebagai pembuka acara seremoni.


Salah satu juri Tari Pedalaman Elly D Luthan menyampaikan dalam lomba ini tema menentukan apa yang disajikan sesuai dengan tema penyembuhan.

“Spesifikasi bagi penari bahwa tubuh kalian dan rasa kalian melakukan gerakan harus sangat berirama dengan rasa penyembuhan itu sendiri. Gerak bisa sama namun makna dan rasa pasti akan selalu berbeda”, tutur Elly. (drt/KPO3)

Iklan
Baca Juga:  Wagub: Kalteng Wujudkan Pemulihan Ekonomi di RAPBD Tahun 2022
Iklan