Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Selatan

Pj Bupati Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024

×

Pj Bupati Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
UPACARA - Peringatan hari kebangkitan nasional tahun 2024. (KP/M Hidayat)

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), menggelar upacara hari kebangkitan nasional (Harkitnas), Senin (20/6/2024) di Halaman Sekretariat Daerah Kab HSS, Senin (20/06/2024).

Pj Bupati HSS Hermansyah menjadi inspektur upacara, dihadiri Forkopimda, Sekretaris Daerah Muhammad Noor, dan para pejabat di lingkungan Pemkab HSS.

Pj Bupati HSS Hermansyah menuturkan, lebih dari se abad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.l

“Hari berdirinya Boedi Otomo inilah, yang kelak menjadi simbol dari hari kebangkitan nasional yang kita rayakan hari ini,” ujarnya, membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi. 

Dijelaskannya, Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal. Seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda, serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan.

“Perluasan dari cita-cita yang telah ditumbuhkan oleh Boedi Oetomo, mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini kita berada pada fase kebangkitan ke dua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.

“Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini,” ujarnya. (tor/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Rooswandi : Kita Berkomitmen Menghasilkan Output Terbaik
Iklan