Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATapin

Pj Bupati Serahkan Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik

×

Pj Bupati Serahkan Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik

Sebarkan artikel ini
Pj BUPATI TAPIN - Muhammad Syarifuddin menyerahkan secara simbolis bantuan keuangan partai politik dari pemerintah Kabupaten Tapin. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin menyerahkan bantuan keuangan kepada Partai Politik yang mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tapin. Senin (13/5/2024) bertempat Aula Tamasa Kantor Bupati Tapin.

Sebanyak 9 Partai Politik di Tapin yang mendapatkan bantuan keuangan sesuai dengan suara yang didapatkan oleh partai politik yang mendapatkan kursi DPRD Kabupaten Tapin.

Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin secara simbolis langsung menyerahkan bantuan keuangan kepada 9 pengurus Partai Politik di Tapin.

Sebelum menyerahkan bantuan keuangan Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengatakan bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk menjaga keadilan transparansi, dan akuntabilitas yakni menyerahkan bantuan keuangan bagi partai politik di Tapin, kami percaya bahwa partisipasi aktif partai politik sangat penting dalam membangun masyarakat yang adil sejahtera dan berkeadilan 

“Bantuan keuangan ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah kabupaten Tapin dalam mendukung proses demokrasi yang sehat dan berkelanjutan dengan harapan dapat menjadi penyemangat bagi partai politik dalam menjalankan tugas tugasnya terutama dalam rangka mewujudkan visi bersama untuk kemajuan Kabupaten Tapin,” katanya.

Oleh karenanya pada kesempatan ini saya mengajak seluruh pimpinan partai politik untuk menjaga integritas dan komitmen terhadap nilai nilai demokrasi. 

Mari momen ini sebagai tiitik tolak baru dalam mempererat kerjasama antara pemerintah dan partai politik demi kepentingan yang lebih besar lagi.

“Mengajak kepada semua parpol, mari jaga semangat kebersamaan dan kolaborasi dalam upaya membangun Kabupaten Tapin yang lebih baik,” katanya.

Saya yakin dengan kerjasama dan komitmen kita bersama kita akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan meraih berbagai prestasi yang gemilang.

Sementara Kepala Kantor Kesatuan Politik dan Bangsa Aulia Ulfah melaporkan bahwa  bantuan keuangan diberikan kepada partai politik ini sesuai dengan amanat undang undang nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik.

Baca Juga:  Sosialisasi Pelaksanaan Kelompok Kerja Penyelenggaraan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan

“Partai politik berhak memperoleh bantuan keuangan dari APBN atau APBD yang diberikan secara proporsional kepada partai politik yang mendapatkan kursi di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Tapin kota yang perhitungannya berdasarkan perolehan suara,” jelasnya.

Bantuan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tapin kepada partai politik di tapi yang memperoleh kursi sebanyak 9 (sembilan) partai Politik yaitu DPD Golkar, DPC Partai Gerindra, DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, DPD Partai Nasdem, DPD Partai Keadilan Sejahtera, DPC Partai Kebangkitan Bangsa,  DPC Partai Demokrat,  DPD Partai Amanat Nasional dan DPC Partai Persatuan Pembangunan, sesuai dengan hasil pemilu tahun 2019.

Untuk tahap pertama tahun 2024 pemerintah Kabupaten Tapin memberikan bantuan keuangan kepada partai politik hasil pemilu 2019 total nilai sebesar  Rp.614.244.167,- dengan rincian sebagai berikut Partai Golkar Sebesar Rp219.117.500,- PDIPerjuangan sebesar Rp 57.160.833,- PKB sebesar Rp 57.155.000,- Partai Demokrat sebesar Rp 56.898.333,- Partai Gerindra sebesar Rp 51.963.333,- PKS sebesar Rp51.263.333,- Partai Nasdem sebesar  Rp 51.135.000,- PAN sebesar Rp 35.764.167,- dan PPP sebesar Rp 33.786.667,-.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan keuangan partai politik Staf Ahli Bupati Marsidah, dan Ketua KPU Tapin  Fakhrian Noor serta Pengurus Partai Politik di Tapin. (abd/K-6)

Iklan
Iklan