Iklan
Iklan
Iklan
HUKUM & PERISTIWA

Pohon Tua Tumbang di Depan Kantor Navigasi

×

Pohon Tua Tumbang di Depan Kantor Navigasi

Sebarkan artikel ini
POTONG POHON - Petugas BPBD bersama petugas Damkar Kota Banjarmasin memotong batang pohon yang tumban di Jalan Belitung Darat. (KP/Andui)

Banjarmasin, KP – Sebuah pohon besar tiba-tiba tumbang di Jalan Belitung Darat tepatnya depan Kantor Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin Barat, Rabu (15/5) sianig sekitar pukul 14.30 WITA.

Kabar tumbangnya pohon besar ini membuat sejumlah Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, bersama Damkar Pemko Banjarmasin langsung menuju ke lokasi.

Di sana terpantau sejumlah anggota ini langsung melakukan pemotongan pohon karena batang, cabang dan ranting pohon menutup badan jalan hingga sempat membuat macet Jalan Belitung Darat.

Bambang (27), penjual es kelapa keliling yang berada di lokasi kejadian mengatakan, sebelum kejadian ada dua buah mobil truk tronton dan mobil membawa peti kemas yang melintas. Satu jam kemudian pohon tersebut langsung tumbang.

Beruntung tak ada korban dalam kejadian ini. BPBD cepat menangani pohon tumbang ini sehingga kemacetan di jalan raya tak berlangsung lama.

Danru 1 BPBD Kota Banjarmasin, Yossi mengatakan, pohon tersebut sudah berusia puluhan tahun dan diduga memang benar akarnya sudah tidak kuat lagi.

“Faktor tumbang (roboh) itu diduga karena tanah gembur yang disebabkan pasang surutnya air sungai,” katanya menduga.

Ketika disinggung terkait adanya informasi bahwa pohon tersebut sempat bersenggolan dengan truk, Yossi merasa hal tersebut bukan penyebab utama.

“Karena senggolannya tidak parah, yang jadi utama itu tanah gembur sehingga akar pohon tidak kuat lagi,” jelasnya.

Mengingat sering terjadi pohon tumbang, BPBD Kota Banjarmasin mengimbau agar warga terus berhati-hati dan bila cuaca ekstrem atau saat hujan beserta angin kencang, warga diminta untuk tidak berteduh di bawah pohon.

“Karena berbahaya dan kita tidak bisa memprediksi pohon-pohon yang sudah tua dan sebagai apakah sudah lapuk, apalagi sudah banyak benalunya itu sangat rentan sekali dan kebanyakan sudah lapuk,” ujarnya.

Baca Juga:  Warga Sungai Danau Selundupkan Kayu Ulin Ilegal

Jika ada menemukan pohon yang dirasa berbahaya atau sudah miring, Yosi meminta warga bisa menghubungi BPBD Kota Banjarasin. “Bisa menghubungi kami di Call Center 112,” pungkasnya. (fik/K-4)

Iklan
Iklan