Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Poros Baru Pilgub Kalsel 2024 akan Terwujud

×

Poros Baru Pilgub Kalsel 2024 akan Terwujud

Sebarkan artikel ini

Ketua DPP NasDem Restui Acil Odah-Rozanie

Perjalanan keduanya meraih restu NasDem berjalan mulus

BANJARMASIN, KP – Poros baru Pilgub Kalsel (pemilihan gubernur Kalimantan Selatan) 2024, sepertinya akan terwujud.

Ini menyusull pernyataan Ketua Umum DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai NasDem, Surya Paloh memberikan restu kepada Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah dan H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha maju sebagai Bakal Calon Gubernur dan Wakil.

“Restu ini pada pertemuan berlangsung Rabu, 29 Mei 2024 di ruang kerja Pak Surya Paloh,” ucap Sekretaris DPW Partai NasDem Kalsel, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha kepada awak media, Rabu, (29/5).

Dalam kesempatan itu, Acil Odah didampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK.

“Pak Surya Paloh aktif mendorong ulun maju dalam beberapa kali kesempatan. Baik bertemu langsung maupun melalui percakapan melalui sambungan telepon,” katanya singkat.

Silaturahmi sambungnya menjadi tanda dirinya dan Acil Odah telah mengamankan rekomendasi Partai NasDem.

Perjalanan Acil Odah dan Rozanie meraih restu NasDem berjalan mulus.

Pasalnya, Rozanie merupakan kader senior di Kalsel.

Ia sukses mambawa NasDem Kalsel melaju pada Pileg 2024 dan menjadi pemenang kedua di Kalsel.

Tinggal Satu Kursi

Tentunya rekomendasi DPP NasDem itu menjadi modal kuat keduanya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalsel.

Diketahui, NasDem telah mengantongi 10 kursi DPRD Kalsel berdasarkan hasil pemilihan legislative (Pileg) 2024. Syarat menjadi pasangan calon gubernur dan wakil dubernur hanya membutuhkan 11 kursi.

Artinya Acil Odah dan Rozanie tinggal mencari tambahan 1 kursi DPRD Kalsel untuk diusung.

Sisi lain, selain Acil Odah dan Rozanie, satu pasangan lainnya yang juga telah menyatakan siap maju yaitu Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin berpasangan dengan CEO Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman.

Baca Juga:  TNI Nilai OTT Letkol Afri BudiTak Sesuai Prosedur, KPK Akui Salah dan Khilaf

Namun, PAN Kalsel dengan hanya modal 6 kursi DPRD Kalsel, masih harus mencari 5 kursi tambahan koalisi dengan parpol lain untuk memuluskan langkah pasangan Muhidin-Hasnur. (mns/nau/K-2)

Ketua DPD Partai Golkar Kalsel H Sahbirin Noor bersama Hj Raudatul Jannah alias Acil Odah melakukan lobi politik menemui Surya Paloh di Nasdem Tower Jakarta.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Kalimantan Selatan, Akhmad Rozanie HN menyampaikan kabar cukup mengejutkan.

Dirinya bersama Acil Odah baru saja melangsungkan pertemuan dengan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) DPP Partai Nasdem, Surya Paloh.
Momen pertemuan itu diunggah melalui akun Instagram pribadi Ahmad Rozanie @dingsanak.hajizanie.
Selain Acil Odah, Paman Birin, dan Rozanie, nampak hadir juga pada pertemuan itu Sekretaris Golkar Kalsel, H Supian HK.
Sekretaris DPW Nasdem Kalsel Rozanie membenarkan adanya pertemuan tersebut. Pertemuan dibeberkannya berlangsung pada Rabu (29/5/2024) siang di Nasdem Tower, Jakarta.

Rozanie mengklaim hasil pertemuan, Ketua DPP Nasdem Surya Paloh secara langsung memberikan restu kepada Acil Odah dan dirinya untuk maju berpasangan sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel di Pilkada 2024.
“Iya benar, tadi ketum (Surya Paloh) langsung yang menyatakan dukungan penuh untuk Acil Odah dengan saya,” kata Rozanie kepada kanalkalimantan.com.
Kabar duet Acil Odah dan Rozanie memang sudah lama terlihat, salah satunya saat keduanya menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur ke sekretariat Partai Golkar Kalsel pada waktu yang hampir bersamaan.
Rozanie juga mengungkapkan kalau dirinya mendapatkan dukungan partai Nasdem untuk maju pada kontestasi Pilgub Kalsel sebagai bakal calon wakil gubernur.
Baca juga: Pilgub Kalsel 2024 Dipastikan Tanpa Pasangan Non Partai
Sekadar diketahui Partai Golkar Kalsel memiliki 13 kursi di DPRD Kalsel hasil Pileg 2024 lalu.
Sementara Partai Nasdem Kalsel mempunyai modal 10 kursi parlemen. Sehingga, koalisi antara dua partai itu sudah melebihi batas ambang batas pencalonan Cagub dan Cawagub Kalsel yang mensyaratkan minimal 11 kursi.
Selain Acil Odah dan Rozanie, satu pasangan lainnya yang juga telah menyatakan siap maju pada kontestasi Pilgub Kalsel 2024 yaitu Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin berpasangan dengan CEO Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman.
Namun, PAN Kalsel dengan hanya modal 6 kursi DPRD Kalsel, masih harus mencari 5 kursi tambahan koalisi dengan parpol lain untuk memuluskan langkah pasangan Muhidin-Hasnur bertarung pada Pilgub Kalsel 2024. (Kanalkalimantan.com/rizki)
Reporter: rizki

Iklan
Iklan