Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Tingkatkan Sinergitas, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Sambut Hangat Kunjungan Silaturahmi Kapolda Kalsel

×

Tingkatkan Sinergitas, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Sambut Hangat Kunjungan Silaturahmi Kapolda Kalsel

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, Kalimantanpost.com – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel), Taufiqurrakhman, menerima kunjungan silaturahmi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan, Irjen Pol Winarto. Kunjungan ke Kanwil Kemenkumham Kalsel tersebut dilakukan Kapolda selepas menghadiri pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat antar PPLP/PPLPD dan SKO se-Indonesia di GOR Paman Birin, Banjarbaru.

Taufiqurrakhman selaku Kakanwil didampingi para Kepala Divisi menyambut hangat kunjungan Kapolda Kalsel yang bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antara kedua instansi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di Bumi Lambung Mangkurat. Irjen Pol Winarto didampingi oleh Kepala Biro Logistik, Kombes Pol Mukhamad Safei, dalam kunjungan tersebut.

Diskusi utama antara Kapolda dan Kakanwil, yang juga diikuti oleh para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Kalsel, berfokus pada pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham dan Kepolisian yang saling beririsan, terutama dalam penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarakat. Pembahasan mencakup bidang pemasyarakatan, pengawasan orang asing dalam bidang keimigrasian, serta pelayanan hukum seperti kekayaan intelektual, administrasi hukum umum, penyuluhan hukum, dan pemenuhan hak asasi manusia.

Dalam kesempatan tersebut, Taufiqurrakhman juga mengharapkan jajaran Polda Kalsel agar menjadikan Lapas dan Rutan sebagai salah satu titik sambang kontrol setiap Polres. “Hal ini tentu dapat semakin meningkatkan sinergitas dan kolaborasi Kemenkumham dengan Kepolisian di seluruh kota/kabupaten di Kalimantan Selatan dalam upaya penegakan dan pembinaan hukum,” ucap Taufiqurrakhman.

Senada dengan Kakanwil, Irjen Pol Winarto juga menekankan pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara Polda Kalsel dan Kemenkumham Kalsel untuk memberikan kepastian hukum di Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan ini, Taufiqurrakhman juga secara resmi mengundang Kapolda Kalsel untuk turut hadir pada acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kanwil Kemenkumham Kalsel di Banjarbaru yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2024. Acara ini juga akan dihadiri oleh Forkopimda Kalsel dan Staf Ahli Menkumham RI yang akan mengawali pembangunan Gedung Kanwil Kemenkumham Kalsel yang baru, dan berada tepat di samping Mapolda Kalsel di Banjarbaru. (KPO-1)

Iklan
Baca Juga:  Dewan Dihimbau Fokus Bekerja Dimasa Pilkada
Iklan