Iklan
Iklan
Iklan
Pulang Pisau

Wantimpres Soekarwo Tinjau Food Estate di Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau

×

Wantimpres Soekarwo Tinjau Food Estate di Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau

Sebarkan artikel ini
Wantimpres saat tinjau Food Estate Pulang Pisau. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PULANG PISAU, Kalimantanpost.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan Provinsi Kalteng Sunarti mendampingi kunjungan kerja Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Soekarwo ke Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (7/5/2024).

Kunjungan Soekarwo beserta rombongan tersebut dalam rangka meninjau food estate yang ada Kalteng umumnya, dan secara khusus di Pandih Batu.

Sunarti menyatakan di Kalteng sangatlah kurang, ada 1.536 Desa, namun tenaga penyuluhnya hanya 630 orang. “Kita masih kekurangan penyuluh. Idealnya satu Desa itu satu tenaga penyuluh,” ujarnya.

Menurutnya, para petani harus memiliki Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan begitu, para petani mempunyai rasa tanggung jawab untuk merawat alat dan mesin pertanian (alsintan) dengan baik.

“Nanti kita coba melakukan pendekatan dengan perbankan, Bapak Gubernur juga sudah menyampaikan melalui Bank Kalteng agar KUR untuk petani bunganya hanya 3 persen,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Soekarwo mengapresiasi semangat para kelompok tani yang ada di Kalteng dalam menjalani Program Food Estate, khususnya di Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Ia mengaku juga mendapat laporan stok beras di daerah itu masih banyak. “Untuk itu saya berpesan, agar di rumah jangan sampai tidak ada simpanan beras sedikitpun,” tandasnya.

Pada agenda tersebur, nampak hadir Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani, Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau Ahmad Rifai, unsur Forkopimda, serta Kelompok Tani se-Kabupaten Pulang Pisau.(drt/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Teras Narang Sebut Manfaat Food Estate Mulai Terasa oleh Petani
Iklan