Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Dispora Kalsel seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor 2024.

×

Dispora Kalsel seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor 2024.

Sebarkan artikel ini
SEKDISPORA : Fathul Bari (tengah) didampingi Kabid Pengembangan Pemuda, M Anugrah, dan Panpel Ariffin Noor. (Kp/nafarin fauzy)

Banjarmasin, KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel, melakukan Seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi tahun 2024, di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Seleksi pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi dimulai tanggal 3 hingga 4 Juni 2024. Kegiatan diikuti 20 peserta dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Jadi kami adakan seleksi pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi selama dua hari dan nantinya pemuda yang akan terpilih lanjut mengikuti ke tingkat nasional,” kata Kadispora Kalsel, Hermansyah melalui Sekretaris Dispora Kalsel, Fathul Bahri, Senin (3/6/2024).

Menurut, Fathul Bahri dalam seleksi ini ada 5 kategori yang dipertandingkan, yaitu, bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, agama, pariwisata dan pangan, serta bidang inovasi dan teknologi.

“Jadi ada lima kategori yang akan dipertandingkan. Bahkan jurinya kita hadirkan yang berkompeten di bidang masing-masing,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kegiatan ini sangat positif bagi daerah khususnya bagi para pemuda di Kalsel, guna memperkuat karakter dan jati diri di era globalisasi serta meningkatkan daya saing pemuda untuk menghadapi peluang bonus demografi 2020 – 2035.

“Pemuda diharapkan bisa memperoleh kesempatan seluas-luasnya untuk berperan aktif, dalam pembangunan di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Selain itu, Pemprov Kalsel setiap tahunnya mengirimkan pemuda pelopor untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional. Bahkan selama 4 tahun berturut-turut, Kalsel berhasil memperoleh juara I nasional bidang pendidikan di tahun 2020. Kemudian juara I nasional bidang agama, sosial dan budaya dan juara I nasional bidang pangan di tahun 2021. juara I bidang agama, sosial dan budaya di tahun 2022 dan juara I Nasiona Bidang Agama, Sosial dan Budaya ditahun 2023.

“Harapan kami, melalui seleksi pemuda pelopor hari ini, akan menghasilkan calon pemuda pelopor yang akan mewakili provinsi kalimantan selatan ke tingkat nasional dan sukses memperoleh kembali predikat terbaik tingkat nasional pada tahun 2024,” ungkapnya.

Baca Juga:  195 Atlet NPC Siap Berlaga di Papernas CVI di Papua

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Anugerah mengatakan pemenang juara 1, pada setiap bidang yang dilombakan, akan mewakili Kalsel untuk ke tingkat nasional pada bulan Agustus mendatang.

“Jadi yang juara, akan mewakili ke tingkat nasional dan diharapkan yang terpilih nantinya dapat membanggakan Kalsel,” kata Anugerah, yang didampingi Panitia Pelaksana, M Arifin Noor. (MC Kalsel/k-9)

Iklan
Iklan