Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

DLH Himbau Warga Rutin Menjaga K4

×

DLH Himbau Warga Rutin Menjaga K4

Sebarkan artikel ini
Marzuki

Banjarmasin, KP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyampaikan himbauan agar warga rutin menjaga Kebersihan, Keindahan, Ketertiban dan Kesehatan (K4).

“ Sebab menjaga K4 merupakan bagian penting dalam mewujudkan Banjarmasin menjadi Kota Baiman (Barasih Wan Nyaman), “ kata Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin,Marzuki.

Kepada [KP] Jumat (21/6/2024) ia mengatakan, guna mewujudkan tujuan itu bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemko Banjarmasin, tapi juga wajib didukung dan partisipasi bersama masyarakat serta pelaku setiap usaha.

Itu artinya kata Marzuki semuanya wajib melaksanakan gerakan kolektif untuk saling bersinergi dan sama-sama bertanggung jawab untuk menjaga K4 maupun ekosistem lingkungan agar tidak tercemar.

” Tak terkecuali dalam mengantisipasi pencemaran udara, tanah serta air,” kata Marzuki.

Ia mengemukakan, dasar hukum untuk mewujudkan K4 Pemko Banjarmasin sudah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor : 20 tahun 2013 tentang Kebersihan, Keindahan, Ketertiban dan Kesehatan Lingkungan (K4).

Diakuinya dalam Perda tersebut, Pemko memiliki kewajiban untuk mengadakan pengawasan dan bimbingan serta pembinaan terhadap pelaksanaan K4 kepada masyarakat.

“ Sebaliknya masyarakat juga berperan untuk ikut dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan K4,” tandasnya.

Marzuki menjelaskan yang dimaksud K4 yaitu meliputi kebersihan rumah dan atau bangunan lainnya serta lingkungan sekitar, fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya.

Dalam menjaga kebersihan ujarnya, pemilik atau penghuni bangunan diwajibkan membersihkan lingkungannya termasuk pekarangan, saluran atau selokan.

Sedangkan keindahan meliputi, memelihara bangunan, pekarangan dan atau halaman serta lingkungan dalam keadaan baik, rapi dan bersih. Kemudian menanam tanaman hias dan tanaman bermanfaat di halaman atau pekarangan rumah.

Menyinggung ketertiban ia menjelaskan, meliputi tertib jalan, jalur hijau, dan fasilitas umum, tertib lingkungan , tertib sungai dan saluran air (drainase) serta tertib tuna sosial dan anak jalanan.

Baca Juga:  Heru Widodo Minta Kaum Milenial Waspadai Paham Radikalisme

“Sementara kesehatan lingkungan jelasnya, adalah meliputi air, tanah dan udara harus bebas dari pencemaran,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, guna menjaga kesehatan lingkungan setiap orang atau badan dilarang membuang sampah sembarangan, buang air besar di sembarang tempat, dan dilarang memelihara hewan yang mempunyai penyakit dan dapat mengancam kesehatan masyarakat.

Dikatakan pelanggaran terhadap Perda ini, maka akan dikenai sanksi mulai dari sanksi administrasi hingga pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta.

Lebih jauh ia mengatakan menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan sudah lama menjadi isu global. Oleh karena itu katanya lagi gerakan kolektif dan sinergi antara pemerintah, masyarakat serta pelaku usaha dalam pengendaliannya perlu dilakukan secara bersama- sama. (nid/K-3)

Iklan
Iklan