Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Langkah Mulus Uruguay dan Amerika Serikat Dipartai Perdana Copa America 2024

×

Langkah Mulus Uruguay dan Amerika Serikat Dipartai Perdana Copa America 2024

Sebarkan artikel ini
Christian Pulisic dari Amerika Serikat merayakan setelah mencetak gol pertama tim pada pertandingan Grup C CONMEBOL Copa America 2024 antara Amerika Serikat dan Bolivia di Stadion AT&T pada 23 Juni 2024 di Arlington, Texas. (Antara/AFP)

FLORIDA, Kalimantanpost.com – Langkah mulus dibuat tim unggulan, timnas Uruguay dan Amerika Serikat dipertandingan perdana Grup C Copa America 2024.

Uruguay menghajar Panama 3-1 dalam pertandingan di Stadion Hard Rock, Florida, pada Senin (24/6) WIB, sedangkan Amerika Serikat sebelumnya menumbangkan Bolivia 2-0.

Hasil tersebut, Uruguay memuncaki klasemen Grup C dan Amerika Serikat di posisi kedua dengan poin sama 3. Panama dan Bolivia diurutan ketiga dan empat dengan poin nol.

Uruguay mendominasi pertandingan dengan mencatatkan 20 tembakan, termasuk tujuh yang mengarah ke gawang. Gol-gol kemenangan Uruguay dicetak oleh Maximilian Araujo, Darwin Nunez, dan Matias Vina. Sementara Panama hanya mampu membalas melalui gol Michael Murillo di masa tambahan waktu.

Gol pertama Uruguay dicetak oleh Maximilian Araujo setelah menerima umpan dari Matias Vina pada menit ke-16. Araujo melakukan dua sentuhan dan melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau kiper Panama Orlando Mosquera. Ini merupakan gol kedua Araújo dalam sembilan penampilan internasionalnya.

Nunez menggandakan keunggulan Uruguay pada menit ke-85 setelah Panama kehilangan bola di tengah lapangan. Nicolas de la Cruz mengirim umpan panjang kepada Araujo yang kemudian diteruskan kepada Nunez dengan sundulan.

Nunez berhasil mencetak gol ke-12 dalam 24 penampilan internasionalnya, sekaligus gol kesembilannya dalam enam pertandingan terakhir.

Vina menambah keunggulan Uruguay menjadi 3-0 melalui sundulan dari tendangan bebas de la Cruz pada menit pertama masa tambahan waktu. Ini merupakan gol internasional pertama Vina setelah berhasil memenangkan duel udara dengan bek Panama Abdiel Ayarza.

Dari Panama, Murillo mencetak gol hiburan pada 90+4 setelah berhasil memutar badan dan melewati penjagaan kiper Sergio Rochet.

Meski kiper Panama Mosquera melakukan empat penyelamatan untuk menjaga jarak skor tetap ketat hingga akhir pertandingan, kemenangan tetap menjadi milik Uruguay.

Baca Juga:  Kakak adik raih emas Pencak silat Popda

Luis Suárez, striker berusia 37 tahun yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Uruguay dan pemain terbaik Copa America 2011 hanya menonton di bangku cadangan dalam pertandingan ini.

Uruguay kini mengandalkan para pemain muda setelah pensiunnya sejumlah bintang mereka seperti Edinson Cavani dan Diego Godín.

Tim ini menunjukkan taringnya dengan mengalahkan Argentina yang diperkuat Lionel Messi dan Brasil dalam kualifikasi Piala Dunia, serta mengalahkan Meksiko 4-0 dalam pertandingan persahabatan awal Juni.

Sementara dalam pertandingan sebelumnya di Stadion AT&T, Arlington, Texas, Senin WIB, Amerika Serikat mendominasi permainan sejak awal laga dengan mencatat 18 sentuhan di dalam kotak penalti lawan pada babak pertama. Sementara Bolivia sama sekali tidak membuat sentuhan di kotak penalti AS dan tak mengancam gawang Matt Turner di 45 menit awal.

Pulisic membuka keunggulan Amerika Serikat saat waktu pertandingan berjalan 2 menit 23 detik yang menjadi gol tercepat tim Amerika dalam 34 pertandingan kompetitif melawan tim dari Amerika Selatan.

Pemain AC Milan itu memainkan tendangan sudut pendek dengan memberikannya kepada Timothy Weah yang mengembalikannya lagi kepada Pulisic dan bergerak menuju kotak penalti.

Pulisic kemudian melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper Bolivia Guillermo Viscarra dan masuk ke kanan atas gawang.

Balogun menggandakan keunggulan setelah menerima umpan pendek dari Pulisic, mengambil beberapa sentuhan dan melepaskan tembakan rendah kaki kiri yang melewati bek Jesús Sagredo dan masuk ke gawang Viscarra pada menit ke-44.

Di babak kedua, Balogun sebenarnya kembali memasukkan bola ke gawang Bolivia pada menit ke-53, lewat umpan Weah yang menusuk kotak penalti. Namun wasit menganulir gol tersebut karena Weah dinyatakan offside setelah menerima umpan dari Weston McKennie yang ditinjau dari VAR.

Baca Juga:  Pemain Abroad Indonesia, Sandy Walsh Main 90+2 Menit Saat Mechelen Taklukkan Charleroi 1-0 di Liga Belgia

Ricardo Pepi yang masuk pada menit ke-65 sempat mengancam gawang Bolivia dua kali, yaitu pada menit ke-79 dan menit ke-90. Bahkan Pepi memiliki peluang emas di akhir laga dengan dua kali tembakan beruntun, namun Viscarra menggagalkan tembakan tersebut dengan membuat dua penyelamatan beruntun.

AS bermain lebih dominan dengan melepaskan 20 tembakan, dengan delapan di antaranya mengarah ke gawang. Berbanding dengan Bolivia yang hanya mencatat enam tembakan dengan tiga mengarah ke gawang. AS juga dominan dalam penguasaan bola dengan 61 persen dan Bolivia 39 persen.

Dipertandingan selanjutnya,
Uruguay akan menghadapi Bolivia di East Rutherford, New Jersey, pada Jumat (28/6), sementara Panama akan melawan Amerika Serikat di Atlanta di hari yang sama. (Ant/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup C
Senin (24/6)

  • Amerika Serikat vs Bolivia 2-0
  • Uruguay vs Panama 3-1

Klasemen Sementara

  1. Uruguay 1 1 0 1 3-1 3
  2. Amerika S 1 1 0 0 2-0 3
  3. Panama 1 0 0 1 1-3 0
  4. Bolivia. 1 0 0 1 0-2 0
Iklan
Iklan