Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Rekor Terpecahkan di Pekan Pertama Piala Eropa 2024

×

Rekor Terpecahkan di Pekan Pertama Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
- Arda Guler saat terpilih sebagai Man of the Match saat Turki menang 3-1 atas Georgia dalam pertandingan Grup F Piala Eropa 2024 di Signal-Iduna Park pada Rabu (19/6/2024). (Antara/Dok-UEFA)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Gelaran Piala Eropa sudah berlangsung sepekan di Jerman, tepatnya mulai 14 Juni lalu telah memecahkan sejumlah rekor catatan sejarah sepanjang turnamen.

Euro 2024 telah melangsungkan 12 pertandingan mulai dari grup A hingga grup F yang dilangsungkan di 10 kota Jerman. Sejumlah rekor menarik gelaran turnamen terbesar negara-negara benua Eropa tersebut terpecahkan di antaranya penyerang Spanyol, Yamine Yamal menjadi pemain termuda yang mencatatkan penampilan hingga bek veteran Portugal, Pepe yang mencantumkan namanya sebagai pemain tertua yang tampil di Piala Eropa. Hingga tendangan melengkung Arda Guler yang membuatnya sebagai pemain debutan termuda yang mencetak gol sepanjang sejarah Piala Eropa.

Dengan turnamen edisi ke-18 tersebut masih baru melakoni pertandingan pekan pertama, bukan tidak mungkin sejumlah rekor yang selama ini masih bertahan akan kembali terpecahkan pada gelaran Piala Eropa 2024.

  • Debut Lamine Yamal sebagai pemain termuda di Piala Eropa

Lamine Yamal memulai aksi perdananya bersama dengan Spanyol saat menjalani pertandingan pembuka menghadapi Kroasia pada 15 Juni lalu. Diturunkan pelatih Luis De La Fuente sejak menit awal, Lamine Yamal tercatat sebagai pemain termuda yang menjalani debut di Piala Eropa sepanjang sejarah dengan usia 16 tahun 338 hari.

Pemain Barcelona tersebut membuahkan hasil yang manis kala mencatatkan satu assits untuk Dani Carvajal dan membawa La Roja mengamankan tiga poin penuh usai membungkam Kroasia dengan skor tiga gol tanpa balas.

  • Pepe makin tua makin jadi

Bek tengah Portugal, Pepe memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang tampil di ajang Piala Eropa. Pepe yang kini berusia 41 tahun 113 hari mencatatkan penampilan sejak menit awal saat Portugal menghadapi Republik Ceko pada pertandingan pertama grup F Piala Eropa 2024, 18 Juni.

Baca Juga:  DR Irwansyah kukuhkan PTMSI Kota Banjarmasin Yang dipimpin DR Iqbal

Bek yang kini menjadi kapten tim Porto tersebut melewati catatan pemain tertua yang tampil di Piala Eropa yang sebelumnya dipegang oleh legenda timnas Hungaria, Gabor Kiraly yang tercatat sebagai pemain tertua yang tampil di Piala Eropa dengan usia 40 tahun 86 hari. Di bawah rekor Pepe dan Kiraly kini bertengger rekan senegara Pepe, Cristiano Ronaldo yang mencatatkan penampilan di usia 39 tahun 134 hari.

Penampilan Pepe sepanjang sembilan puluh menit waktu pertandingan menghadapi Republik Ceko mampu membawa jawara Piala Eropa 2016 tersebut mengamankan tiga poin penuh usai menang dengan skor 2-1.

  • Cristiano Ronaldo manusia pertama yang bermain enam kali di Piala Eropa

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo menjadi manusia pertama yang bermain di enam edisi Piala Eropa. Ronaldo yang mencatatkan penampilan bersama Seleccao das Quinas menghadapi Republik Ceko pada pertandingan perdana grup F, Piala Eropa 2024 tercatat sebagai pesepakbola pertama yang mencatatkan penampilan di enam turnamen Piala Eropa.

Mantan pemain Real Madrid tersebut tercatat menjalani debut saat berusia 19 tahun pada gelaran Piala Eropa 2004. Usai menjalani debut dalam skuad Portugal yang dulu dihuni oleh pemain bintang seperti Luis Figo, Ronaldo tak pernah sekali pun absen pada gelaran Piala Eropa dalam lima edisi terakhir.

Bahkan pemain berjuluk CR7 tersebut kini menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di Piala Eropa dengan catatan 70 penampilan. Selain itu, Ronaldo yang sukses membawa Portugal menjadi jawara Piala Eropa 2016 tersebut juga tercatat sebagai pencetak gol sepanjang masa Piala Eropa dengan torehan 55 gol.

  • Nedim Bajrami segel gol tercepat Piala Eropa

Nedim Bajrami hanya perlu waktu 23 detik untuk membuat penjaga gawang Italia, Gianluigi Donnarumma memungut bola di gawang pada pertandingan perdana grup B antara Albania melawan Italia pada 16 Juni lalu. Memanfaatkan kesalahan lemparan ke dalam Federico Dimarco, Bajrami melesatkan sepakan dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau oleh Donnaruma.

Baca Juga:  Denmark Berharap Energi Tambahan Bisa Jegal Jerman di 16 Besar Piala Eropa 2024

Sepakan keras dari pemain yang berseragam Sassuolo tersebut juga menjadi rekor gol yang tercepat Piala Eropa memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh bomber Rusia, Dmitri Kirichenko yang mencetak gol dalam tempo 1 menit 7 detik ke gawang Yunani pada gelaran Piala Eropa 2004. Meski begitu, gol cepat yang dicatat Bajrami tak mampu membawa Albania meraup tiga poin usai Italia mampu membalikkan kedudukan dan mengakhiri pertandingan dengan skor 1-2.

  • Arda Guler lampaui Cristiano Ronaldo sebagai pemain termuda yang cetak gol pada debut

Pemain bintang Turki, Arda Guler menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada debutnya di Piala Eropa melampaui catatan yang sebelumnya dipegang oleh Cristiano Ronaldo. Arda yang kini berusia 19 tahun 114 hari menjalani pertandingan debut saat membela Turki menghadapi Georgia pada pertandingan grup F Piala Eropa 2024 yang berlangsung 18 Juni.

Dalam pertandingan tersebut, Arda melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Georgia, Mamardashvilli. Gol tersebut membuat Arda melampaui rekor yang sebelumnya dipegang oleh Ronaldo yang mencetak gol debut saat berusia 19 tahun 128 hari pada gelaran Piala Eropa 2004. (Ant/KPO-3)

Iklan
Iklan