Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Sosialisasi Porwanas XIV 2024 Kalsel dan Komitmen Pilkada Damai

×

Sosialisasi Porwanas XIV 2024 Kalsel dan Komitmen Pilkada Damai

Sebarkan artikel ini
Foto bersama usai kegiatan Sosialisasi Porwanas XIV Kalsel dan Komitmen Pilkada Damai 2024 yang digelar di PWI Kalsel. (Kalimantanpost.com/Opiq)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Jelang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV 2024 di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada bulan Agustus, disusul akan dihelatnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalsel2024 di bulan Nopember, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel mengundang para pimpinan organisasi wartawan, pimpinan redaksi media dan beberapa dinas terkait dalam kegiatan sosialisasi Porwanas 2024 di Gedung PWI Kalimantan Selatan, Banua Anyar, Selasa (25/6/2024) pagi. Acara juga dirangkai dengan pernyataan komitmen pemilu damai bersama Konsorsium Pers Banua.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie menyampaikan pentingnya untuk saling bersinergi dengan pihak terkait. Menurutnya, Porwanas tidak hanya perlu dukungan media, tapi juga pemerintah daerah untuk mensukseskan gelaran yang diikuti insan pers di seluruh Indonesia ini.

“Beberapa dinas seperti Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Lingkungan Hidup dan Geopark Meratus ikut terlibat, karena menjelang pembukaan Porwanas Kalsel di tanggal 20 Agustus itu juga ada rangkaian pemecahan rekor dunia kain sasirangan terpanjang, kemudian jukung hias, dan kegiatan lainnya untuk memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan,” ungkap Zainal Helmie.

Ia juga menjelaskan, sejauh ini masing-masing bidang sudah bergerak dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Seperti kesiapan venue-venue pertandingan, begitu juga teknikal handbook sudah dibuat, namun masih belum dibukukan.

“Semoga Juli mendatang semuanya sudah selesai, jadi saat teknikal meeting sudah selesai semua,” ujarnya.

Pria yang kerap disapa Bang Helmie ini juga menambahkan, setelah gelaran Porwanas nanti, PWI Kalsel akan menggelar Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI).

“Kemarin kita baru saja menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), namun masih banyak kawan-kawan yang tidak bisa mengikuti karena keterbatasan kuota. Nah, usai Porwanas nanti kembali akan kita gelar UKW sekaligus SJI,” ungkapnya.

Baca Juga:  Rekatkan Silaturahmi dengan Wartawan, Hasnuryadi Hadiri Buka Puasa Bersama PWI Kalsel

Sementara, Kadispora Kalsel, Hermansyah melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono pun turut memberikan dukungan penuh demi suksesnya penyelenggaraan Porwanas XIV 2024 ini.

“Kami juga sudah menyiapkan apa yang nantinya diperlukan. Dan akan berkolaborasi dengan technical delegate masing-masing cabang olahraga yang sudah ditunjuk dari SIWO Kalsel,” ujarnya.

Budiono berharap agar komunikasi bisa terjalin dengan baik, mengingat pelaksanaan Porwanas hanya sekitar satu bula setengah lagi.

“Jika nantinya ada perubahan yang bersifat teknis bisa segera dikomunikasikan sehingga saat pelaksanaan bisa berjalan lancar tanpa ada masalah,” ucapnya.

Dukungan sukses Porwanas Kalsel 2024 juga dinyatakan oleh Kadis Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim. Ia menilai melalui event ini akan memberikan efek yang luar biasa, baik dari pencitraan daerah juga dalam hal peningkatan ekonomi.

“Karena tentu akan meningkatkan usaha-usaha yang ada di Kalimantan Selatan selama penyelenggaraan Porwanas ini. Contohnya seperti kuliner maupun perhotelan. Jadi kita harus dukung,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Konsorsium Pers Banua juga bersama-sama menyatukan komitmen demi terselenggaranya Pilkada damai, khususnya di Kalsel.
Pernyataan komitmen Pilkada damai dibacakan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Kalsel, Dina Qomariah.

Disampaikannya, pernyataan komitmen merupakan bentuk dukungan Pers Banua untuk mewujudkan Kalsel yang damai dan kondusif melalui pelaksanaan Pilkada Kalsel 2024 yang berkualitas dan bermartabat.

“Kami sebagai konstituen dewan pers yang tergabung dalam Konsorsium Pers Banua berharap Pilkada berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang akan membawa Kalsel makmur dan sejahtera,” ucap Dina. (Opq/KPO-1)


Iklan
Iklan