Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Wagub Kalteng Sebut Harjad Gumas Momen Tingkatkan Kualitas Pembangunan dan Perekonomian Daerah

×

Wagub Kalteng Sebut Harjad Gumas Momen Tingkatkan Kualitas Pembangunan dan Perekonomian Daerah

Sebarkan artikel ini
Syukuran Hari Jadi Gunung Mas ke-22 tahun 2024. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

KUALA KURUN, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Jadi ke-22 Kabupaten Gunung Mas, Jumat (21/6/2024).

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunung Mas Tahun 2024 ini mengusung tema “Bersatu Untuk Menuju Kabupaten Gunung Mas Maju dan Sejahtera” dan Subtema “Dengan Semangat Hari Jadi ke-22 Kabupaten Gunung Mas, Kita Wujudkan Masyarakat yang Mandiri dan Berdaya Saing”.

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur, Wagub mengatakan peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Gunung Mas tahun ini menjadi momentum yang tepat untuk lebih merekatkan semangat persaudaraan dan persatuan, bersama-sama berkolaborasi meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memacu pembangunan dan perekonomian daerah.

Dijelaskannya, sinergi dan kolaborasi yang kuat semua pemangku kepentingan dan elemen masyarakat akan menjadi kunci dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan ke depan yang semakin berat, mulai dari gempuran globalisasi dan digitalisasi, ancaman krisis pangan, IKN, hingga bonus demografi.

“Kita juga perlu benar-benar mempersiapkan anak-anak kita, agar tumbuh menjadi SDM yang cerdas, kompetitif, dan berkarakter unggul, sehingga nanti tangguh dalam menjawab persoalan seberat apapun, dan mampu membawa kemajuan dan kemakmuran daerah,” ujarnya.

Wagub menekankan, sektor pendidikan dan kesehatan harus diprioritaskan, termasuk upaya percepatan penurunan stunting, khususnya dengan melakukan revitalisasi Posyandu sebagai garda terdepan.

Disebutkan, di tengah pesatnya digitalisasi, masyarakat menuntut pelayanan publik yang tidak berbelit-belit, responsif, profesional, dan transparan.

“Untuk menjawab keinginan tersebut, kita harus segera berbenah, terutama dengan mempercepat penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), untuk memudahkan, menyederhanakan, mendekatkan, dan mempercepat layanan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Wagub mengingatkan pada tanggal 27 November 2024 mendatang, akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, mulai dari Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Bupati dan Wakil Bupati.

Baca Juga:  Laba Bank Kalteng Naik 31,06 Persen, Wagub Minta Jangan Puas Diri

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas pada khususnya dan Provinsi Kalimantan Tengah umumnya.

“Untuk bersama-sama berpartisipasi aktif menyukseskan Pilkada tersebut, sehingga nantinya dapat melahirkan para pemimpin daerah yang terbaik,” tukasnya.

Puncak HUT Gumas tersebut dihadiri Pj Bupati Gunung Mas Herson B Aden dan Forkopimda setempat, Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas Akerman Sahidar, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Richard, para Asisten dan Staf Ahli Gubernur, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Provinsi Kalteng, serta Tokoh Agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan