Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Martapura

Distan Sosialisasikan Pengolahan Lahan Tanpa Bakar

×

Distan Sosialisasikan Pengolahan Lahan Tanpa Bakar

Sebarkan artikel ini
DAPAT PENDAMPINGAN - KEP Desa Simpang Empat mendapat pendampingan Distan pada rapat pertemuan anggota Koperasi. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Pemkab Banjar melalui Dinas Pertanian Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian menggelar Sosialisasi Pengolahan Lahan Tanpa Bakar, di Desa Pematang Danau, Kecamatan Mataraman, Rabu (26/06/2024).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran petani tentang bahaya membakar lahan dan mendorong mereka beralih ke metode pengolahan lahan yang lebih ramah lingkungan.

Sosialisasi ini dihadiri puluhan petani di Pematang Danau. Dalam sambutannya, Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty menyampaikan, pembakaran lahan salah satu penyebab utama kabut asap di Kabupaten Banjar setiap tahunnya.

“Kabut asap ini tidak hanya mengganggu kesehatan masyarakat, juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan kerugian ekonomi,” ungkapnya.

“Oleh karena itu, penting sekali bagi kita meningkatkan kesadaran petani tentang bahaya membakar lahan dan mendorong mereka beralih ke metode pengolahan lahan lebih ramah lingkungan,” ajaknya.

Salah satu metode direkomendasikan Dinas Pertanian, dengan menggunakan traktor. Petani juga dapat menggunakan jerami atau kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah.

“Pengolahan lahan tanpa bakar tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan lingkungan, juga meningkatkan hasil panen,” tandasnya.

Dengan peningkatan pengetahuan, akses teknologi dan dukungan pemerintah, diharap dapat diterapkan secara luas dan berkontribusi pada pembangunan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Banjar.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Koordinator Balai beserta PPL Mataraman, diikuti kelompok tani dari 7 Desa di Kecamatan Mataraman dan 1 Kelompok Tani dari Kecamatan Cintapuri Darussalam. Adapun narasumber dari Fakultas Pertanian ULM Dr Ir Fakhrur Razie MSi dengan paparan Biomassa merupakan salah satu cara pengolahan lahan tanpa bakar. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Sekda Pimpin Rapat TKPRD Banjar
Iklan