Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Selatan

Sekolah Lansia di Desa Baru Diresmikan

×

Sekolah Lansia di Desa Baru Diresmikan

Sebarkan artikel ini
FOTO BERSAMA - Peresmian Sekolah Lansia di Desa Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten HSS. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Muhammad Noor, meresmikan Pelatihan Kelompok Bina Keluarga Lansia dan Pembukaan Sekolah Lansia di Desa Baru, Kecamatan Sungai Raya, Rabu (3/7/2024) pagi di Halaman Perpustakaan desa tersebut.

Sekolah Lansia akan dilaksanakan pertemuan setiap enam bulan sekali, dalam memberikan pendidikan dan pelatihan khusus kepada 20 peserta didik Lansia. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten HSS Lothvie Rahmani menerangkan, kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk menambah kapasitas individu Lansia. 

“Kegiatan sekolah Lansia ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan aktualisasi diri Lansia, dalam rangka menambah kapasitas individu mereka,” terang Lothvie.

Sekolah Lansia di Desa Baru itu, merupakan sekolah pertama di Kabupaten HSS yang diharapkan dapat menjadi pelopor dan motivasi bagi wilayah lainnya.

“Kegiatan sekolah ini akan terus kami kembangkan dan sesuaikan dengan karakteristik para Lansia, agar sekolah menjadi kegiatan yang menyenangkan, menambah wawasan, serta menjadi ajang interaksi sosial yang positif,” tambahnya.

Sekda Kabupaten HSS Muhammad Noor menuturkan, dengan adanya program tersebut, diharapkan kualitas hidup Lansia dapat meningkat, dan mewujudkan lansia yang tangguh dan sejahtera.

Menurutnya, kesejahteraan, kesehatan, dan kebahagiaan Lansia harus terus diperhatikan agar tidak tersisihkan dan terabaikan. 

Sekda mengatakan, berbagai intervensi telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan Lansia, seperti Posyandu Lansia dan Gerakan Lansia Asuh.

Termasuk kegiatan hari ini, yaitu pelatihan bagi kader bina keluarga lansia (BKL) dan sekolah lansia yang juga akan mulai dilaksanakan.

“Dengan berbagai intervensi yang telah dilakukan oleh pemerintah dan kita bersama, terutama sekolah Lansia yang akan dilaksanakan hari ini, semoga kita bisa mempersiapkan Lansia sebagai pribadi yang sehat, mandiri, aktif, produktif, dan bermartabat. Diharapkan, kegiatan ini dapat terus memacu Lansia untuk semakin berinovasi dan semangat dalam menjalani hari tua,” pungkasnya. (tor/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Bantuan Antar HSS Raih 10 Besar IGA 2020 Terus Disalurkan
Iklan