Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kalsel

Banjarmasin Kota Green Leadership

×

Banjarmasin Kota Green Leadership

Sebarkan artikel ini
Hal 10 3 KLm Nirwasita
KP/Prokombjm GREEN LEADERSHIP - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bumi Kayuh Baimbai dinobatkan sebagai daerah perkotaan yang berhak mendapatkan Penghargaan Green Leadership, Nirwasita Tantra, tahun 2023.

Nirwasita Tantra Hadir Lagi di Bumi Kayuh Baimbai

Banjarmasin, KP – Pertanyaan atas keberhasilan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam menciptakan kebersihan dan kualitas lingkungan yang baik, di kota berjuluk seribu Sungai akhirnya terjawab.

Iklan

Melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bumi Kayuh Baimbai dinobatkan sebagai daerah perkotaan yang berhak mendapatkan Penghargaan Green Leadership, Nirwasita Tantra, tahun 2023.

Kado teristimewa menjelang harijadi Kota Banjarmasin ke 498 itu, diterima Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina melalui Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, Rabu (18/09).

Tak hanya itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin pun juga dinyatakan berhak menerima penghargaan bergengsi, yang saat itu diterima Ketua sementera DPRD Kota Banjarmasin H Rudy Heriyadi. “Anggota dewan atau pejabat legislatif dan pejabat yudikatif eksekutif itu sebetulnya menjadi jembatan antara rakyat dengan negara melalui pemerintah. Jadi kedua Lembaga ini sudah klop maka itu yang terbaik,” ujar Siti Nubaya saat menyampaikan sambtannya di Auditorium Dr Ir Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta.

Dijelaskan Siti Nurbaya lagi, penghargaan kepada DPRD itu karena dari Lembaga tersebut lah muncul berbagai regulasi yang mendukung kegiatan pemerintah daerah terutama dalam hal kebersihan dan lingkungan hidup.

Lebihlanjut dikatakannya, penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra adalah penghargaan yang diberikan pemerintah kepada kepala daerah dan pimpinan DPRD, atas keberhasilannya dalam menerapkan kebijakan dan program kerja untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Penghargaan ini, bebernya lagi, ini dinilai berdasarkan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IKPLHD) tahun sebelumnya. “Sejak tahun 2017 dokumen ini dipertandingkan untuk memperoleh penghargaan NIRWASITA TANTRA, sebuah penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup,” ucapnya.

Baca Juga :  Pj Ketua TP PKK HSS Buka Pelatihan BKB dan PAUD

Sekda Kota Banjarmasin, H Ikhsan Budiman, mengatakan, penghargaan ini diberikan pemerintah pusat setelah menilai visi pemimpin Kota Banjarmasin dan DPRD Kota Banjarmasin yang berpihak pada pelestarian lingkungan, baik secara kebijakan maupun dalam implementasi di lapangan. “Ini membuktikan bahwa adanya sinergisitas antara pemerintah Kota Banjarmasin dan DPRD dalam hal penyamaan visi kearah pembangunan hijau di Kota Banjarmasin baik itu dalam bentuk kegiatan maupun beberapa regulasi,” katanya

Pria yang akrab disapa Pak Ikhsan ini berharap, capaian hasil pembangunaan ini untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi, hingga Kota Banjarmasin tak hanya mendapatkan penghargaan berbentuk monumental saja tetapi juga bisa berbentuk dana insentif daerah.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024, H Harry Wijaya. Menurutnya, capaian yang telah diterima ini bisa terus dipertahankan di tahun-tahun selanjutnya. “Saya ucapkan terima kasih dan saya turut berbangga karena Kota Banjarmasin berhasil mendapat penghargaan ini, ini menjadi tantangan kita ke depannya. Saya berharap ditahun tahun selanjutnya jangan sampai lepas penghargaan ini,” pungkasnya.

Dari data terhimpun, Sejak tahun 2022, Kota Banjarmasin telah menerima piagam penghargaan Nirwasita Tantra sebagai Terbaik V kriteria Pemerintahan Daerah Kategori Kota Besar (Dok IKPLHD Tahun 2021 data Tahun 2020).

Kemudian di tahun 2023, juga mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra, kategori sebagai entitas Pemerintahan kategori Kota Besar, terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah tahun 2022.

Penghargaannya yang diterima saat itu, berbentuk trofi Green Leadership untuk DPRD kategori Kota Besar Kota Banjarmasin, dan piagam penghargaan Nirwasita Tantra kepada DPRD Kota Banjarmasin sebagai DPRD kategori Kota Besar Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah tahun 2022.

Baca Juga :  Immigration Goes to Campus, Ratusan Mahasiswa ULM Antusias Dalami Wawasan Keimigrasian bersama Kemenkumham Kalsel

Tahun 2024 ini, Kota Banjarmasin Kembali mendapatkan penghargaan Green Leadership ‘Nirwasita Tantra’ Tahun 2023, untuk Kepala Daerah Tingkat Kota kategori Kota Sedang kepada Wali Kota Banjarmasin, dan penghargaan Green Leadership, Nirwasita Tantra, tahun 2023 untuk Pimpinan DPRD Tingkat Kota kategori Kota Sedang.(Prokom/K-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan