Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Bulan Maulid Telur Ayam Ras Naik Bebek Bertahan

×

Bulan Maulid Telur Ayam Ras Naik Bebek Bertahan

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, KP – Memasuki perayaan keagamaan bulan Maulid, menurut penuturan para pedagang mulai berkurangnya pasokan telur ayam ras dari Jawa.

Kini harganya naik sebelumnya dijual hanya Rp17,500, per kilo naik menjadi Rp21,000,- per kilonya sedangkan telur bebek bertahan diharga Rp2300,- sampai Rp2500 per butirnya.

Penuturan pedagang telur penjual eceran dikawasan Pasar Lama dan agen besar pasar Nagasari Selasa (13/11) hampir semua penjual sepakat menyatakan harga telur ayam ras kembali mulai merangkak naik khususnya telur asal lokal hingga Pulau Jawa karena terkedala pasokan bulan Maulid ini.

H Basuki penjual telur bebek eceran dan telur ayam ras asal Pulau Jawa di Pasar Nagasari menyatakan, akibat pasokan telur mulai terganggu harga telur mulai merangkak naik seperti telur ayam ras kiloan lokal dan Jawa dijual sampai Rp21000,- per kilonya padahal sebelumnya hanya Rp17,000,- hingga Rp18500,-

Saat ini para penjual telur mulai menaikan harga jual karena telur Jawa mulai kosong tidak ada pasokan yang cukup dalam beberapa minggu ini sehingga para pedagang telur ikut menyesuaikan harga.

“Kondisi ini selalu terjadi ketika memasuki bulan Maulid harga telur ayam ras lokal dan Jawa bergerak naik karena permintaan yang tinggi dari warga sedangkan telur bebek bertahan karena permintaan belum ada lonjakan seperti ayam ras,” jelasnya.

Sedangkan untuk pasokan telur ayam ras lokal dipasok dari Bati-Bati Tanah Laut serta Liang Anggang
Ditambahkan bapak 1 anak ini, biasanya permintaan telur ayam ras akan tinggi diwilayah Kalteng dan sekitarnya maka para peternak dan distributor besar akan memasok kesana lebih banyak karena harga jual yang cukup bagus sedangkan ditempat kita hanya sisanya saja lagi seperti minggu-minggu ini.

Baca Juga:  Ada Penerima Bansos tidak Sesuai Kriteria

Meskipun harga telur ras Jawa serta lokal mulai naik namun penjualan masih berjalan normal, namun jika pasokan terus berkurang beberapa minggu kedepan ini maka kenaikan harga telur Jawa ini tidak akan terhindarkan lagi kembali melambung.

Dikatakan Ady penjual agen telur dikawasan Pasar Sentra Antasari, telur ayam ras lokal dan telur Jawa mulai mengalami kenaikan akibat pasokan telur Pulau Jawa dan lokal yang mulai berkurang dalam beberapa minggu ini.

Para penjual telur masih mengandalkan pasokan asal Pulau Jawa baik telur bebek tambak dan ayam ras kiloan stok lama maka jika sedikit saja pasokan terganggu maka harga tergiring naik seperti minggu ini.

“Kita masih belum mampu mengandalkan pasokan telur ayam ras lokal dan telur bebek tambak lokal sehingga telur Jawa masih sangat dominan diperlukan para pedagang eceran, partai dan distributor,” tegasnya.

Bani penjual telur eceran dikawasan Sultan Adam menjelaskan, beberapa minggu ini memang ada kenaikan harga telur bebek dan ayam ras kenaikan ini dimulai sejak dari distributor besar sehingga pihaknya hanya menyesuaikan. (hif/K-7)

Iklan
Iklan