Bupati Lepas Kafilah MTQ Balangan

Sebelum berangkat para kafilah MTQ Balangan saling bersalaman dengan Bupati H Ansharuddin, Kamenag HM Yamani, Sekdakab Ruskariadi dan para pejabat lainnya. (KP/Ist)

Paringin, KP – Sebanyak 97 kafilah yang mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXXI Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tabalong (Tanjung) yang di mulai dari tanggal 2 Nopember hingga 5 Nopember, dilepas secara langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, di Aula Benteng Tundakan kantor bupati, Kamis (1/11) kemarin.

Pelepasan kafilah tersebut dihadiri Ketua Umum LPTQ Balangan Ahmad Fauzi, Unsur Muspida, Sekretaris Daerah, Kepala Kantor Kementerian Agama dan para Asisten, kepala SKPD dan kepala bagian.

Menurut Bupati, keikutsertaan kafilah Balangan di MTQ tingkat Provinsi Kalsel ini, merupakan bentuk keseriusan untuk menunjukkan prestasi.

Bupati berharap semua tim yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi ini harus saling bahu-membahu dan bekerjasama sehingga kekompakan kafilah, oficial, dan para petugas lain bisa di rasakan.

Anshar juga menyampaikan, rasa bangganya karena semua unsur Kafilah Balangan merupakan putra-putri asli orang Balangan.

“Kita memang menghendaki prestasi dan peringkat yang baik. Namun, bila kenyataannya SDM kita belum mampu bersaing dengan SDM dari daerah-daerah lain, maka yang kita lakukan bukanlah meminta orang lain untuk mewakili Balangan, melainkan terus bekerja keras meningkatkan daya saing SDM kita,” tegasnya.

Diakuinya, proses pembentukan SDM memang memerlukan jalan yang panjang, namun ini juga lah jalan untuk menuju kemandirian SDM, supaya di masa depan Balangan tidak lagi tergantung kepada SDM dari luar untuk memajukan daerah.

Orang nomor satu di Balangan itu meminta kepada seluruh official untuk dapat memperhatikan kesehatan para kafilah dan selalu siap menjaga kekompakan peserta saat berkopetensi.

“Dengan terjaganya kesehatan maka para qori dan qoriah dapat berkompetisi dengan baik sehingga mampu meraih prestasi yang diinginkan,” kata bupati.

Dikesempatan pelepasan kafilah, mantan Wabup Balangan dua priode ini guna memberikan semangat kepada para kafilah menjanjikan bonus bagi para juara, juara I sebesar Rp 20 juta, juara II Rp 10 juta dan juara III sebesar Rp 5 juta.

Sementara, Ketua LPTQ Balangan Ahmad Fauzi yang juga menjabat Asisten I Setadakab setempat mengatakan, kafilag MTQ Balangan yang berjumalah 97 orang akan berangkat hari ini juga, Kamis (1/11).

Didalam lomba nanti, pihaknya tidak mematok raihan target peringkat berapa, agar tidak menjadi beban buat mereka yang berlomba.

“Kalau soal target, kita memang tak memasang target yang penting tidak menempati posisi juru kunci. Yang jelas, kita akan tampil secara maksimal dengan segala kemampuan dan persiapan yang telah dilakukan, tinggal bagaimana mental para peserta ketika menghadapi lawan-lawannya dan dewan juri pada saat berlomba nanti,” tegasnya.

Disebutkan Fauzi yang juga sebagai ketua rombongan, Kafilah Balangan akan mengikuti semua cabang yang dilombakan yang terdiri dari delapan cabang, yakni tilawah, qira’at, tartil, tahfiz, tafsir bahasa Arab, Indonesia dan Inggris, fahmil Quran, syarhil Qur’an, khat dan pawai ta’aruf. (rel/K-6)

 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...