Hasil TMMD, Terhubung Jalan Diantara Desa

DIUSUNG – Penutupan TMMD di Lapangan Lambung Mangkurat di Kandangan, meriah. Danrem 101 Antasari, Kolonel Arm Syaiful Rahman diusung naik Reog Ponorogo dan, Selasa (13/11). (Ist)

Kandangan, KP – Hasil kerja Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di salah satu desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), akhirnya terhubung jalan dari desa ke desa lainnya.

Yakni Desa Malilingin Kecamatan Padang Batung menuju Pariangan.

Dan Selasa (13/11), penutupan program TMMD ke 103 Tahun 2018 Kodim 1003/Kandangan dilaksanakan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Hal sama di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dari keterangan juga ditandai penyerahkan proyek hasil TMMD di Desa Awang Kecamatan Batang Alai Utara.

Sementara Danrem 101 Antasari, Kolonel Arm Syaiful Rahman Ssos mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu pelaksanaan TMMD.

Baik pemerintah daerah, kepolisian, swasta dan masyarakat desa.

Ia berharap, upaya-upaya yang dilakukan TMMD dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta jalan, jembatan dan tempat ibadah yang sudah dibangun agar dirawat, sehingga bisa bertahan lama,’’ kata pada penutupan tersebut.

Dan pada kesempatan itu pula, Kolonel Arm Syaiful Rahman, meresmikan jalan yang merupakan salah satu sasaran fisik dari program TMMD ke 103 Kodim 1003/Kandangan,

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita di titik nol jalan yang akan menghubungkan antara Desa Malilingin menuju Desa Pariangan.

Pada penutupan TMMD di HSS, turut dihadiri Penjabat Sekretaris Daerah HSS, H Huberiansyah mewakili Bupati HSS H Achmad Fikry.

Dalam laporannya, Dandim 1003/ Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto bahwa TMMD di Desa Malilingin selama 30 hari telah sukses dilaksanakan baik untuk sarana fisik maupun non fisik.

Sasaran fisik antara lain pembangunan jalan desa sepanjang 1.700 meter yang menghubungkan Desa Malilingin dengan Desa Pariangan di Kecamatan Padang Batung.

Dua jembatan beton, tiga Slave Culvert, Rehabilitasi Masjid Nurul Ikhsan dan mushala Darus Sholihin yang semuanya tercapai 100 persen.

Adapun sasaran non fisik yang telah dilakukan penyuluhan, penanaman padi gogo dan kacang tanah, pasar murah, KB gratis, donor darah, khitanan massal, pengobatan massal dan pembagian sembako.

Kegiatan TMMD di Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung, HSS dilaksanakan dari 15 Oktober sampai 13 Nopember 2018.

“Apa yang sudah dikerjakan di lokasi TMMD akan terus ditindaklanjuti untuk ke depannya,’’ tambah H Huberiansyah seraya penandatangan bersama berita acara pelaksanaan TMMD oleh Dandim 1003/Kandangan dan Pj Sekda HSS yang disaksikan danrem.

Pada bagian lain H Hubriansyah berharap ini semua bisa meningkatkan perekonomian dan memudahkan tranportasi guna mengangkut hasil dari pertanian masyarakat sehingga penyebaran dan pemasarannya lebih mudah.

“Dalam waktu dekat ini, kami selaku pemerintah daerah akan melaksanakan peningkatan jalannya dan perbaikan pengerasan akan kita teruskan sampai ke desa Pariangan,’’ katanya.

Meriah

Pada acara penutupan itu, berlangsung meriah.

Pasalnya, sejumlah atraksi dipertunjukkan dalam acara penutupan tersebut seperti adanya Kesenian Tradisional Topeng Raksasa Budaya Reog Ponorogo.

Topeng Raksasa Budaya Reog Ponorogo dibawakan apik oleh Singo Tresno Joyo dari tabalong sangat membius masyarakat yang hadir melihat penutupan TMMD di Lapangan Lambung Mangkurat. Terlebih lagi antusias para siswa yang turut hadir.

Kemudian, siangnya Danrem 101/Antasari, Dandim 1003/Kandangan, Pj Sekda HSS, shalat Zuhur berjamaah dengan warga Desa Maliling. (noi/K-2)

 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...