Membangun Taman Harus Bisa Pula Memeliharanya

Anggota DPRD Katingan, Yanel

KASONGAN, KP – Yanel, sekretaris komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait, jangan hanya bisa membangunnya saja, tapi harus juga pandai memeliharanya. Hal ini diungkapkannya kepada KP Jum’at (9/11) kemaren.

Terkait masalah taman dimaksud, dirinya menyebutkan ada beberapa taman yang dibuat oleh dinas yang menangani taman tersebut, menurutnya hanya sekedar dibangun saja, tapi pemeliharaannya belum maksimal. “Sehingga, terkesan mubazir,” terang legislator Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada dinas yang bersangkutan, ke depannya, bila ada keinginan untuk membangun taman baru lagi, sebelum membangun, selain melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan beberapa instansi terkait, pihak dinas hendaknya melakukan kajian terlebih dahulu. Kalau sudah pas dan disetujui oleh masing-masing dinas terkait, baru dibuat perencanaan. Sehingga, ke depannya taman tersebut bukan hanya dapat bermamfaat bagi masyarakat saja, tapi kalau bisa dapat pula mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Katingan.

Sekedar diketahui, lanjutnya, setiap pembangunan berupa fisik yang dibangun oleh SOPD, selalu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Katingan. Sehingga, dalam penggunaannya tidak sekedar dibelanjakan begitu saja. Tapi, harus difikirkan pula dari sisi mamfaatnya. “Sejauh mana mamfaatnya ketika taman tersebut dibangun,” tegas anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Selanjutnya, dia juga meminta kepada dinas yang bersangkutan untuk membenahi juga fasilitas yang sduah dibangun di lingkungan taman tersebut, seperti wifi di taman hijau di samping pintu gerbang kantor Bupati Katingan. “Karena, saya dengar dari masyarakat yang sering ke sana, wifinya sering madat alies lelet. Kalau benar, tolong dibenahi, sehingga masyarakat bisa akses untuk berwisata ria di sana sambil internetan mencari tugas sekolah atau tugas kuliahnya,” ujarnya, seraya berharap, agar penerangannya juga ditambah. Sehingga, ketika malam hari taman tersebut kelihatan asri. (Isn/K-8).

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...