Pemkab Barut Laksanakan Upacara Hari Pahlawan

UPACARA HARI PAHLAWAN – Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra saat menjadi Inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan, Sabtu (10/11) di halaman kantor bupati setempat.(KP/Asari)

Muara Teweh, KP – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018, Sabtu (10/11) di halaman kantor bupati setempat. Adapun selaku Inspektur upacara Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra.

Dalam rangkaian Upacara itu, dilakukan penyerahan Tali Asih kepada perwakilan keluarga para Pahlawan. Yang dihadiri Unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Pejabat Eselon III dan IV, Perwira TNI/Polri, ASN, Organisasi Kemasyarakatan.

Dalam kesempatan itu, Sugianto Panala Putra membacakan sambutan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa peringatan ini dalam upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik.

“Seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan diseluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia diluar negeri,” katanya.

Dijelaskannya, rangkaian peringatan ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Hal ini menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan instropeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Lebih lanjut, kata dia, tema peringatan Hari Pahlawan ini adalah semangat pahlawan di dadaku. Makna inilah yang mengandung sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

Oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar bagi bangsa dan negara.

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan Negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” tukasnya. (asa/K-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...