Pemko Apresiasi Gebyar Literasi dari Balai Bahasa

GEBYAR LITERASI – Ratusan siswa mengikuti kegiatan Gebyar Literasi 2018 yang diselenggarakan Balai Bahasa Kalimantan Selatan.

Banjarbaru, KP – Dinas Pendidikan Banjarbaru sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Gebyar Literasi 2018 yang diselenggarakan Balai Bahasa Kalimantan Selatan.

“Karena bisa menjadi pendorong meningkatnya minat membaca, menulis dan berhitung bagi peserta yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan,’’ ujar Kadis Pendidikan Banjarbaru Rahmah Khairita saat membuka kegiatan yang dilaksanakan di Aula Balai Bahasa Kalsel Banjarbaru.

Menurutnya, kunci keberhasilan setiap anak pada bidang pendidikan adalah membangun karakter moral dan karakter kinerja yang mampu mengantarkan mereka meraih kesuksesan dalam kehidupan.

“Karakter moral yang ditandai dengan kejujuran maupun karakter kinerja harus saling sejalan beriringan, sehingga menumbuhkan kreativitas dan kecerdasan, termasuk di bidang literasi,’’ tandasnya.

Pembukaan kegiatan ini juga dihadiri Kabag Tata Usaha Balai Bahasa Kalsel Syamsuddin yang mewakili Kepala Balai Imam Budi utomo.

Ketua Panitia Gebyar Literasi, Musdalipah SS MPd mengatakan, latar belakang kegiatan ini karena masih rendahnya budaya literasi, sekaligus menyemarakkan Bulan Bahasa dan Sastra 2018.

Kegiatan diikuti 400 peserta didik dari PAUD hingga SMA, yang berasal dari Kota Banjarbaru, Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut, Tapin, HSS, HST dan Kabupaten Tabalong.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan sejak Senin (29/10) hingga Jumat (2/11) tersebut, yakni lomba mengapresiasi cerpen bagi siswa SMA, lomba menulis sinopsis cerpen bagi siswa SMP.

Kemudian, lomba mencipta puisi bagi siswa SD/MI, ceria literasi yakni mengajak anak membaca buku bagi anak PAUD, memberikan apresiasi tulisan peserta dan himbauan untuk menghidupkan budaya literasi.

“Juri dan pemberi materi adalah sastrawan dan akademisi. Kegiatan terakhir mengisi gebyar literasi yakni bakti literasi mengunjungi sejumlah panti asuhan di Kabupaten Banjar,’’ pungkasnya. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...