Sistem Mina Padi Diharapkan Jadi Pilihan Utama Kelompok Tani

1.364

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh ikut serta melakukan panen padi di Desa Netampin, Kecamatan Dusun Tengah, Senin (12/11/2018). (ist)

Tamiang Layang, KP –– Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi, berharap kepada kelompok tani bisa menerapkan teknik mina padi.

“Dorongan mina padi itu upaya meningkatkan pendapatan dan gizi petani, khususnya di Kabupaten Bartim,” ujarnya, Senin (12/11/2018).

Mina padi merupakan cara petani menggabungkan teknik budidaya padi dan pemeliharaan ikan secara bersamaan di sawah.

“Dengan perpaduan pertanian dan perikanan dalam satu areal lahan akan mampu meningkatkan penghasilan masyarakat petani,”sebutnya.

Saat ini, kelompok tani di Desa Netampin, Kecamatan Dusun Tengah, telah menerapkan teknik tersebut dan telah berhasil panen secara bersamaan dengan hasil 6,4 ton per hektare.

“Dalam poktan II Desa Netampin tersebut memiliki luasan lahan 221 hektare. Namun tiddak semua bisa dilakukan teknik mina padi. Hanya sebagian,” katanya.

Ia mendorong masyarakat petani bisa menerapkan teknik mina padi sehingga dapat meningkatkan penghasilan.

“Untuk itu saya berharap ada dukungan dari Dinas Perikanan dengan memberikan bantuan bibit ikan supaya teknik mina padi berjalan dengan sukses,” tuturnya. (net/k-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...