Bentuk Karakter Siswa SMK Melalui Alquran

Pendidikan karakter khatam Alquran

Banjarbaru, KP – Sebanyak 260 orang siswa SMK se Kalsel mengikuti Pendidikan Karakter Khatam Alquran yang dilaksanakan dari tanggal 21 sampai 25 Oktober di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. 

Peserta terdiri dari 130 siswa laki-laki dan 130 siswa perempuan. 

Menurut Kepala Bidang Bina SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel, Samsuri, kegiatan tersebut bertujuan memberikan penguatan pemahaman pentingnya Alquran sebagai pondasi pendidikan karakter, membiasakan hidup islami, dan meningkatkan keterampilan. 

“Kebijakan Khatam Alquran tersebut dituangkan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Selatan tahun 2016-2021, dengan target 75 persen peserta didik khatam Alquran,” katanya.

Samsuri juga menjelaskan, kegiatan ini dapat dilaksanakan dalam kegiatan intra maupun ekstra kulikuler, terencana dan terprogram dengan baik sesuai dengan kapasitas satuan pendidikan, terukur, dan terevaluasi oleh satuan pendidikan. 

“Kita ingin menguatkan wawasan dan pemahaman para siswa-siswi tentang pentingnya Alquran sebagai pedoman hidup manusia, pedoman ketaqwaan, dan pedoman alam semesta.

Kita juga ingin terbentuknya pola hidup islami yang disiplin, tanggung jawab,  gotong royong, dan berempati pada sesama,” lanjutnya. 

Samsuri memastikan penguatan karakter melalui sentuhan agama ini tidak hanya yang beragama islam.

Namun non muslim juga mendapatkan porsi demikian. 

Hanya saja cara dan bentuknya yang berbeda. 

“Yang non muslim juga kita kuatkan melalui pendalaman kitab suci mereka,” bebernya. 

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor,  dibacakan Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Heriansyah, menyambut baik pelaksanaan Khatam Alquran. 

Ia menyebut pada kegiatan itu sangat terasa semangat kebersamaan untuk mencintai, menghormati, dan mengagungkan kesempurnaan kitab suci Alquran.

“Kiranya gema lantunan ayat-ayat suci Alquran selama acara Khataman ini berlangsung, akan memicu semangat generasi muda di Provinsi Kalsel untuk gemar membaca Alquran.

Dari rumah-rumah umat Islam di Kalsel, semoga selalu terdengar lantunan ayat-ayat suci Alquran,” katanya. (mns/K-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...