Desa Terpencil Punya Potensi Besar Pengembangan Ikan Haruan

BUPATI TAPIN - HM Arifin Arpan Saat Tinjau kampung terpencil namun warga masyarakatnya suka memelihara ikan Haruan melalui kolam-kolam. (KP/Ist)

Rantau, KP – Desa Pabaungan Pantai kecamatan Candi Laras Selatan (CLS) kabupaten Tapin merupakan desa terpencil jauh dari perekotaan dan hanya dapat ditempuh dengan klotok (perahu bermesin) dari desa lainnya ternyata punya potensi besar pengembangan ikan haruan (gabus).

Sungguh luar biasa, walaupun letaknya berada jauh dari hiruk pikuk perkotaan ternyata desa Pabaungan Pantai yang hanya dapat ditempuh dengan klotok sekitar setengah jam dari desa tetangganya ternyata punya potensi besar pengembangan dan pembesaran ikan Haruan.

Ikan Haruan yang dikembangkan masyarakat di kawasan ini adalah melalui pembesaran melalui kolam-kolam yang dibuat dengan ukuran sekitar 5 x 10 meter.

Dan setiap orang atau setiap rumah tangga paling sedikit memiliki kolam ikan Haruan satu buah, sedangkan penduduk warga di desa ini sudah terbiasa untuk mengelola kolam-kolam ikan tersebut dan bahkan sejak nenek dan kakik mereka secara turun temurun.

Mengetahui adanya pengembangan ikan Haruan yang dilakukan oleh masyarakat desa Pabaungan Pantai, bupati Tapin Drs. HM. Arifin Arpan, MM mengaku merasa kagum dan akan berupaya untuk terus membantu agar masyarakatnya tetap maju dan berkembang dalam hal ini mengembangkan ikan haruan.

Bahkan bupati HM. Arifin Arpan sudah beberpa kali melakukan peninjauan dan melihat langsung sehingga mengaku merasa takjub dan senang, karena itu ia berharap kawasan ini terus dikembangkan dan dibina untuk pengembangan ikan Haruan.

“Untuk mendukung pengembangan ikan Haruan di kawasan ini, maka sarana-dan prasana kehidupan masyarakatnya harus dipenuhi seperti listrik, jalan akses masuk dan lainnya,” ungkap bupati Tapin belum lama tadi.

Menurut bupati Tapin kawasan ini tidak menutup kemungkinan beberapa tahun kedepan akan terus berkembang, dan perlu di tata dan dibina oleh dinas terkait untuk menjadikan kawasan ini sebagai kawasan percontohan atau kawasan wisata perikanan.

“Karena itu kedepan akan kita kembangkan dan kita benahi dengan sarana-dan prasarana pendukung lainnya,” tandas bupati Tapin.

Sementara itu kepala dinas Perikanan kabupaten Tapin Ir. H. Bastian Noor, MAP mengungkapkan bahwa kawasan desa Pabaungan Pantai ini sudah lama merupakan kawasan perikanan Haruan dan produksinya sangat melimpah, “ Bahkan ikan Haruan di kawasan ini dapat memasok keperluan ikan Haruan untuk kabupaten Tapin dan bahkan sampai ke Banjarmasin,” ungkap H. Bastian Noor.

Menurut H. Bastian masyarakat desa ini sudah lama dan sudah terbiasa mengembangkan ikan Haruan dengan melalui budidaya melalui kolam-kolam, pada musim tertentu atau pada masa ikan haruan mulai anakan sudah dikumpulkan oleh warga lalu dibuat kedalam kolam-kolam.

“Dalam beberapa bulan lamanya bibit ikan Haruan ini mulai membesar hingga setengah kiloan dan bahkan satu kiloan perekornya baru di jual kepasar-pasar ikan,” pungkasnya. (ari/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...