Ansharuddin Berikan Penghargaan Pejabat SKPD Laksanakan PPID

Bupati Balangan - H Ansharuddin serahkan piagam penghargaan kepada Kepala Disdukcapil atas melaksakan Pengelola Indormasi Daerah (PPID). (KP/Ist)

Paringin, KP – Sebanyak 10 Pejabat SKPD di lingkup Pemkab Balangan mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati Balangan atas melaksakan Pengelola Indormasi Daerah (PPID). Penghargaan ini diserahkan pada acara Talskhow Transparansi Informasi Publik dan Pertujunjukan Rakyat Tradisional yang digelar di Taman Sanggam kecamatan Paringin, Rabu (27/11) malam.

Bupati H Ansharuddin menyampaikan penghargaan ini diberikan sebagai upaya mendorong SKPD meningkatkan penyajian informasi kepada publik menjadi lebih baik lagi.

Menurutnya, pemerintahan yang baik (Good Governance) merupakan salah-satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan hasil prestasi dan kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

Dan ini telah terjawab dengan keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang menyentuh langsung pada kebutuhan masyarakat umum.

Foto Bersama – Usai menyerahkan piagam penghargaan Bupati Balangan H Ansharuddin dan sepuluh pejabat SKPD yang menerima penghargaan PPID berfoto bersama. (KP/Ist)

Lanjutnya, salah-satu tugas PPID ini adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi.

Dengan adanya PPID ini juga, diharapkan implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi.

Banyak informasi terkait program pemerintah dan pembangunan. Informasi ini harus selalu kita sajikan sehingga masyarakat mengetahui tentang kegiatan pemerintah.

“Kita terus berkomitmen terhadap keterbukaan informasi publik. SKPD terus kita dorong untuk selalu menyajikan informasi program pembangunan kepada masyarakat,” ujar orang nomor satu di Bumi Sanggam.

Selama ini, selain menyajikan informasi, Pemkab juga membuka ruang bagi publik untuk menyampaikan saran, masukan dan kritik konstruktif kepada masyarakat kota.

“Semua ini kita lakukan agar kita bisa mengetahui seperti apa keinginan warga. Kemudian semua itu kita jadikan sebagai bahan dalam merancang program pembangunan yang berbasis aspirasi,” lanjutnya.

Kepada seluruh SKPD, Bupati meminta informasi terus disajikan menjadi lebih baik. Katanya, semua program harus tersampaikan dengan baik kepada publik dengan bekerjasama dengan media. Ansharuddin juga meminta semua informasi selalu update di website-website milik SKPD.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Balangan Syarif Ubaidillah menyampaikan Talskhow Transparansi Informasi Publik ini digelar agar para PPID mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terkait tahapan dalam melayani informasi publik.

PPID juga diharapkan dapat memberikan pengetahuannya kepada PPID pembantu terkait pengelolaan website yang dituntut harus selalu update informasi.

Terkait dengan penilaian pelayanan PPID, pengelolaan website, teknis penilaian meliputi ketersediaan informasi yang terupdate, baik yang disajikan dalam bentuk link maupun hard copy.

Adapun sepuluh SKPD yang mendapatkan penghargaan, diantaranya untuk kategori Dinas, Dinas Capilduk, DPPKB dan Diskominfo. Untuk Badan, BKPPD, Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) dan Sekretariat DPRD. Kemudian untuk kecamatan, Kecamatan Batumandi, Paringin dan kecamatan Halong. (jun/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...