BKKBN Lakukan Advokasi Program KKBPK dengan Penguatan Integrasi Lintas Sektor

Banjarmasin, KP – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar kegiatan Advokasi Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Penguatan Integrasi Lintas Sektor dalam Pengembangan Kampung KB di Kampung KB Baiman Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Senin (18/11).

Plt.Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Ir.H.Ramlan, MA dalam sambutannya dalam acara yang dihadiri Sekretaris Utama BKKBN Pusat, Nofrizal, SPMA selaku naras umber kegiatan, antara lain mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mencanangkan secara nasional Kampung KB, yaitu satuan wilayah setingkat desa atau sebutan lain dengan kriteria tertentu yang melaksanakan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga secara komprehensif dan terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan memahami defenisi Kampung KB ini, maka jelas bahwa upaya menekan dan menurunkan laju partumbuhan penduduk serta meningkatkan kualitas penduduk tidak dapat dilakukan sendiri oleh BKKBN, tapi memerlukan adanya kerjasama semua sektor dalam pembangunan Kampung KB,” ujar Ramlan.

Dikatakan juga, advokasi dan KIE program KKBPK merupakan salah satu strategi yang efektip, karena selain untuk menyasar langsung kepada khalayak masyarakat, juga merupakan proses atau upaya dalam menggalang dukungan dari pemangku kepentingan dan penetu kebijakan dari semua sektor semua tingkatan wilayah, terutama di kabupaten dan kota. “Idealnya, memang pengelolaan sosialisasi program KKBPK yang bersifat multidimensional,” katanya.

Sosialisasi Program KKBPK dilaksanakan dengan pendekatan kewilayahan didasari bahwa karakteristik sasaran dan program pada setiap wilayah tidak sama atau bersifat segmented. Perbedaan karakteristik sasaran tersebut memerlukan strategi, pendekatan dan taktik intervensi sosialisasi, advokasi dan KIE yang berbde, baik isi pesan maupun media yang digunakan.

“Melalui sosialisasi, advokasi dan KIE program KKBPK diharapkan Program KKBPK dapat lebih dikenali, dipahami dan diterima oleh masyaralat serta mampu meningjkatkan komitmen atau dukungan pemangku kepentingan dan penentu kebijakan di semua tingkatan wilayah,” pungkas H.Ramlan.  

Kegiatan Advokasi Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Penguatan Integrasi Lintas Sektor dalam Pengembangan Kampung KB di Kampung KB Baiman Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, diisi dengan dialog interaktif yang menghadirkan naras umber Sekretaris Utama BKKBN Pusat, Nofrizal, SPMA, Asisten I Pemko Banjarmasin, Gazi Ahmadi, Kepala BKKBN Kota Banjarmasin, serta dihadiri camat, lurah, penyuluh KB, serta pihak-pihak terkait lainnya. (lia)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...