Dewan Apresiasi Disbudpora Bentuk Pokdarwis Kapuas

PUKUL GONG : Kepala Disbudpora Kabupaten Kapuas, Suparman, bersama Kepala Bidang Destinasi dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Uria Ludjen, melakukan pemukulan gong tanda dimulainya Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), belum lama ini. (KP/ist)
681

Kuala Kapuas, KP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Parij Ismeth Rinjani, mengapresiasi dan menyambut baik dilakukannya pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) setempat. Ini diharapkan nantinya mampu menggali potensi-potensi pariwisata di Kabupaten Kapuas.

“Kami sambut baik pembentukan kelompok sadar wisata ini dan diharapkan bisa terus dikembangkan untuk kemajuan daerah,” ucap legislator asal Partai Demokrat ini, kepada wartawan di Kuala Kapuas, kemarin.

Wakil rakyat yang terpilih kembali di Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, berharap nantinya instansi terkait dapat aktif melakukan pembinaan. Sehingga bisa benar-benar berperan dalam membangun pariwisata di daerah setempat.

“Kami berharap peran aktif dari kelompok itu bisa meningkatkan pertumbuhan pariwisata yang ada,”harap pria yang akrab disapa Ismet ini.

Selain itu, tambahnya, juga meminta instansi terkait dapat terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Sehingga bisa memacu dan mendorong sektor pariwisata daerah.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Kabupaten Kapuas, Suparman mengatakan, akan tetap mendorong kepariwisataan yang ada di daerah setempat, dengan lebih spesifik dan terus menggali potensi – potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Kapuas.

“Kita ingin maju bersama, bagaimana caranya agar lebih meningkatkan potensi sehingga dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD),”kata Suparman, dalam sambutanya pada pembukaan acara Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kapuas Tahun 2019, belum lama ini.

Kemudian, kata Suparman, kedepan pihaknya akan berencana menggelar sebuah acara sendratari Nyai Undang, kisah yang berasal dari Bataguh. “Kita bangga bahwa pernah memiliki seorang tokoh wanita yang berjaya di zamannya,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Uria Ludjen, dalam sambutanya mengatakan, ke depan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah akan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepariwisataan yang ada di 13 Kabupaten dengan menggali potensi-potensinya.

Terkait Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata, menurutnya, kelompok tersebut dapat memberikan kesempatan untuk masyarakat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan untuk meningkatkan wisata dan budaya yang ada di daerah masing-masing.

Pembangunan pariwisata, katanya, membutuhkan peran aktif masyarakat termasuk Kelompok Sadar Wisata, sadar bahwa kelompok itu penting dapat menghadirkan dan memunculkan daya tarik kepariwisataan baik wisata alam, budaya dan buatan.

“Kelompok Sadar Wisata ini dari oleh dan untuk masyarakat, yang utama dapat memberikan pelayanan yang nyaman, aman dan ramah. Kita harus lestarikan, amankan dan promosikan salah satunya lewat media sosial,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan selaku Ketua Panitia Pelaksana Zakia Faridah dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah salah satu agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas, untuk meningkatkan potensi kepariwisataan Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini, katanya, diikuti oleh tiga kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas yaitu dari Kecamatan Selat, Kapuas Hilir dan Kapuas Barat dengan jumlah peserta 40 orang dengan pelaksanaan selama satu hari.

“Kegiatan ini bisa diharapkan dapat memacu kreatifitas dan meningkatkan SDM masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang bisa diterapkan kembali di tempat masing-masing,” demikian Zakia Faridah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas, serta pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Kadis Bupora Kapuas Suparman saat itu, dirangkaikan pembukaan sendratari oleh Sanggar Tari Tingang Menteng Panunjung Tarung dan dihadiri Sekretaris Dinas, para Kepala Bagian yang berada di Disbudpora beserta staf dan para peserta sosialisasi. (Al)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...