Genarasi Sehat Indonesia Unggul dan Tabalong Selalu Terdepan

Foto : Dok

Tanjung, KP – Tidak berlebih, dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 tahun 2019, Pemkab mengharapkan Kabupaten Tabalong mempunyai Genarasi Sehat Indonesia Unggul, dan Kabupaten Tabalong selalu terdepan, khususnya di bidang kesehatan.

Hal itu, diugnkapkan Wakil Bupati (Wabup) Tabalong Drs H Mawardi M.Si, saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tabalong, belum lama tadi di Gedung Sarabakawa Tanjung.

Pada HKN 2019 ini, Dinkes Tabalong menggelar 22 lomba dengan berbagai kompetensi yang diikuti oleh 18 puskesmas, RSUD H Badaruddin Kasim, RS Pertamina, BNNK Tabalong, PMI Tabalong, dan Klinik se-Kabupaten Tabalong

Perayaan HKN ke-55 ini bertemakan “Indonesia Sehat, Indonesia Unggul”. Adanya acara puncak ini pula diharap para tenaga kesehatan se-Kabupaten Tabalong dapat menjaga silaturahmi dan kebersamaan.

Dalam sambutannya Wabup Tabalong yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia melalui Pemkab Tabalong menyampaikan Jaminan Kesehatan nasional (JKN) saat ini telah dilaksanakan sepenuhnya, walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN.

“Melalui momentum Hari Kesehatan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa,” ujar Mawardi.

“Sebelum membacakan teks tertulis sambutan Menteri Kesehatan, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat hari kesehatan nasional ke 55 tahun 2019. Semoga Genarasi Sehat Indonesia Unggul, dan Kabupaten Tabalong selalu terdepan, khususnya dibidang kesehatan,” katanya.

Dalam kesemptan itu, Wabup juga menyampaikan harapan agar upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan serta membenahi tata kelola BPJS.

Kepala Dinkes Tabalong dr. Taufiqururahman Hamdie, mengatakan ucapan terima kasihnya atas partisipasi kawan kesehatan sejawat. “Kegiatan memperingati HKN ini bertujuan untuk memberikan kebahagiaan dan penghargaan kepada seluruh karyawan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekaligus mengedukasi agar berperilaku hidup sehat,” tutur Taufiq.

Menurutnya perilaku hidup sehat harus ditanamkan sejak dini, untuk generasi sehat khususnya di Kabupaten Tabalong.

“HKN yang diperingati tanggal 12 November setiap tahunnya, dan pada tahun 2019 ini merupakan tahun yang Ke-55, tahun ini hari kesehatan nasional bertemakan,”Generasi Sehat Indonesia Unggul, yang sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemampuan, dan berprilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” sebut Taufiq.

Dalam rangka memeriahkan hari kesehatan ke 55 ini Dinkes Tabalong bersama jajaran yang terdiri Rumah Sakit Umum Daerah H.Badaruddin Kasim, Rumah Sakit Pertamina dan seluruh Klinik di Kabupaten Tabalong mengadakan beberapa agenda kegiatan, yang mana antara lain peringatan HKN Ke 55 ini dilakukan kegiatan bhakti sosial berupa donor darah, pengobatan massal, senam bersama, perlombaan olah raga, lomba merangkai bunga dan sayur, lomba memasak dan sebagainya.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh semua instansi kesehatan se Tabalong, dan kegiatan kita mulai sejak tanggal 28 Oktober 2019 hingga puncaknya pada tanggal 12 November 2019, dengan jumlah cabang lomba ada 22 lomba,” katanya.

Rangkaian kegiatan juga merupakan ajang silaturahmi karena selama ini sibuk di instansi masing-masing terutama bagi insan kesehatan yang bertugas di Puskesmas-Puskesmas di Wilayah Utara, Tengah dan Selatan.

Jadi seluruh insan kesehatan ikut berhadir pada kegiatan lomba dalam rangka silaturahmi untuk mempererat persaudaraan, tujuan peringatan HKN untuk memberikan kebahagiaan, dan penghargaan kepada seluruh karyawan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sekaligus mengedukasi, mengajak dan memberikan tanggung jawab kepada masyarakat agar menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

“Baik terhadap diri sendiri, keluarga maupun lingkungannya, prilaku hidup bersih dan sehat ini diharapkan dapat ditanamkan sejak usia dini agar tumbuh mengakar menjadi budaya Indonesia, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Tabalong,” demikian harap Taufiq. (ros/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...