Ratusan Pesilat Cilik, Ikuti Pasanggiri Persinas Asad

Tanjung, KP – Sedikitnya 200 orang pesilat kelas cabe rawit, pra remaja dan remaja (usia TK,SD,SMP) antusias mengikuti pergelaran pasanggiri (perlombaan) silat yang digelar Pengurus Kabupaten (Pengkab) Perguruan Silat Nasional (Persinas) Asad Tabalong.

Dengan seragam berwarna hijau, usai pembukaan resmi oleh panitia, ratusan anak tersebut tertib mengikuti tahap demi tahap kegiatan, yakni dengan memperagakan jurus 1, hingga jurus 7 di hadapan para juri penilai.

Panitia Pasanggiri Pengkab Persinas Asad Tabalong Edy Setiawan ST menjelaskan, kegiatan rutin tahunan kali ini bertemakan ‘Pasanggiri Persinas Asad Tabalong,’ dengan sub tema ‘Melalui Pasanggiri, Kita Tingkatkan Jiwa Kesatria, Disiplin dan Sportifitas Generasi Penerus Menuju Prestasi Dunia’.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk memberikan motivasi sedini mungkin kepada anak, agar bangga dengan silat sebagai budaya asli bangsa Indonesia,” ujar Eddy, disela kegiatan, Minggu (25/11) di lokasi kegiatan, Padepokan Persinas Asad Tabalong Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.

Berita Lainnya

IPM Meningkat, Hasil Perjuangan Guru

1 dari 190

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini, mulai persiapan, semangat peserta untuk belajar bela diri silat Asad ini sangat terlihat dan terasa,” ujar Edy.

Sementara itu, Ketua Pengkab Persinas Asad Tabalong Hipni Rosadi menuturkan, ada beberapa unsur yang sangat baik, terkandung dalam silat, antara lain budaya dan seni, silat adalah budaya asli bangsa Indonesia dan gerakan yang dilakukan oleh seorang pesilat, gerakan yang indah, namun memiliki kekuatan penuh. Kedua olahraga, ketiga bela diri, dan yang keempat spiritual.

“Untuk nilai yang keempat ini, yakni spiritual, diharapkan dapat mendidik seorang pesilat agar memiliki ketaqwan kepada agamanya, berkepribadian yang luhur, tidak sombong, sehingga selamat dunia dan akhirat,” ujarnya.

“Terkait tema kegiatan ini, bukan hal yang mustahil, jika kita berharap nantinya akan muncul pesilat tangguh dari generasi Persinas Asad Tabalong, yang tidak hanya berprestasi tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional, bahkan ketingkat internasional,” pungkas Ketua Pengkab Persinas Asad Tabalong ini. (ros/KPO-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya