Wacana Renovasi Pasar Ujung Murung Alot

RAPAT UJUNG MURUNG- Paska kebakaran rapat wacana renovasi Ujung Murung pun harus di halaman dan tampak kegiatan tersebut.

BANJARAMSIN, KP – Paska kebakaran UPTD Pasar tak menyurutkan rencana renovasi Pasar Ujung Murung milik Pemko Banjarmasin. Bahkan dalam rapat terbatas di dapan Kantor UPTD Pasar, Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banjarmasin, Ir H Doyo Pudjadi yang didampingi Kabid Pasar Drs H Icrom Mutezar tetap menggelar meski di arena sederhana.

Hal ini menunjukan tekat Pemko Banjarmasin untuk merenovasi Pasar Ujung Murung tak kendur. Bahkan dengan ruang terbuka dan duduk melingkar biasa, nampaknya para pedang dan Pemko belum tercapai kata sepakat dan masih berjalan alot, pasalnya proyek yang diwacanakan menggandeng investor itu belum tercapai kesepakatan dari sejumlah pedagang.

Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banjarmasin, Ir H Doyo Pudjadi mengatakan hingga saat ini sampai pertemuan ke 15, para pedagang masih belum bersepakat semua soal renovasi pasar Ujung Murung.

“Ini kalau tidak salah sudah pertemuan yang ke 15 seperti namun belum mencapai kesepakatan,”ujar mantan Kadis Pertanian Kota Banjarmasin kepada awak media. Rabu (13/11).

Menurutnya pertemuan kali ini sudah dirancang oleh Pemko Banjarmasin pada kesempatan sebelumnya agar para pedagang mengetahui secara detail, “Oleh karena itu hari ini kita adakan juga konsultan agar lebih terperinci pembahasan dan bisa disepakati oleh para pedagang.

Adapun tujuannya renovasi pasar Ujung Murung ini agar Banjarmasin memiliki pasar yang berdaya saing dan bisa menjadi kebanggan serta menampung seluruh grosir yang selama ini menjadi pusat grosir kebanggan warga Kalsel, Kalteng, dan Kaltim, jelas Doyo.

Khsus dalam rapat kordinasi yang berjalan sekitar 3 jam itu, para pedagang kompak masih belum sepakat untuk renovasi tersebut, apalagi mayoritas pedagang memiliki sertifikat hak milik toko tersebut, inilah yang membuat Pemko makin dilema soal renovasi pasar Ujung Murung ini.

Hanya, sayangnya ketika awak media ini melakukan konfirmasi ke pedagang dan investor mereka tidak berkomentar apapun dan justru kompak meninggalkan lokasi rapat.

Informasi yang dihimpun awak media dari narasumber yang tak mau disebutkan namanya, Pemko akan menggandeng investor untuk merenovasi Pasar Ujung Murung dengan jangka waktu 15 tahun.

Bahkan, bangunan pasar tersebut akan dibuat dengan 10 lantai dan menghabiskan biaya Rp600 Miliar, adapun soal lebih detail awak media masih kesulitan mencara data pasti dan resmi dari pihak Pemerintah Kota Banjarmasin. (zai/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...