Belasan Burung Dara Dilepas di Astambul

Martapura, KP – Belasan ekor burung dara atau merpati dilepas di Desa Tambangan Kecamatan Astambul, pekan kemarin.

Pelepasan burung dara yang dikalungi foto masing-masing calon dengan tali sasirangan tersebut dilakukan para calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tambangan Kecamatan Astambul sebelum pelaksanaan pemungutan suara pemilihan anggota BPD setempat.

“Kecamatan Astambul melaksanakan pemilihan BPD, diawali di Desa Tambangan dan diikuti desa-desa lainnya,’’ jelas Camat Astambul Sirajuddin Ali.

Sirajuddin berharap, proses demokrasi yang dilaksanakan berjalan lancar sehingga dapat menetapkan anggota BPD di 22 desa di kecamatan yang dipimpinnya.

Pemilihan anggota BPD Tambangan diikuti oleh 11 calon. Mereka mewakili wilayah 1 dan 2 setempat serta ada juga keterwakilan perempuan.

Berita Lainnya
1 dari 1.244

Sementara Pejabat Kepala Desa Tambangan Sarno SPd menjelaskan, pihaknya sengaja mengemas pemilihan anggota BPD Tambangan dengan nuansa lokal kedaerahan. Ini terlihat dari pakaian panitia pemungutan suara yang menggunakan pakaian adat lengkap dengan laungnya.

Sedang para calon anggota BPD menggunakan pakaian sasirangan. Selain itu pernak-pernik adat Banjar juga terlihat di backdrop kegiatan serta taplak meja.

“Pelepasan burung yang dikalungi foto para calon anggota BPD filosofinya sebagai bentuk kebebasan memilih dan dipilih,’’ jelasnya.

Sedang penyerahan kue dan panganan serta buah-buahan khas Banjar oleh para calon kepada para pemilih filosofinya, bahwa mereka siap melayani masyarakat jika terpilih nantinya.

Pelaksanaan pemungutan suara anggota BPD Desa Tambangan juga disaksikan Kapolsek Astambul AKP Samsu Darsono, perwakilan Koramil, Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Banjar, Kasi Pemerintahan Kecamatan Astambul Nazarudin serta aparatur lainnya. (wan/K-5)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya