Berkas Invalid, Calon Perseorangan Wajib Ganti 2 Kali Lipat

Banjarmasin, KP – Berkas dukungan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin yang dianggap tidak sah karena berbagai macam penyebab, baik akibat double data atau hal lainnya maka diwajibkan mengganti 2 kali lipat dari jumlah berkas yang tidak sah tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur berkata calon perseorangan pasangan walikota dan wakil walikota Banjarmasin harus mengganti 2 kali lipat jika ditemukan berkas yang tidak valid saat tahapan verifikasi nanti.

“Ganti 2 kali lipat, misalnya ada 100 KTP yang double maka mereka ganti 200,” kata Makmur ketika acara sosialisasi sistem informasi calon (silon) di Hotel Royal Jelita Banjarmasin Timur, Rabu (11/12).

Sosialisasi KPUD Kota Banjarmasin di Hotel Royal Jelita, Banjarmasin, Rabu 11/12/2019, Foto : Muhammad Zahidi
Berita Lainnya

Tak Ada Shift Kerja untuk Pegawai Pemko

Ibnu Sina Beri Bantuan Sembako ke Lansia

1 dari 1.177
Loading...

Makmur menjelaskan ihwal ganti 2 kali lipat itu bukan merupakan hal baru, sebab sudah sejak lama aturan tersebut berlaku, namun diakuinya kali ini lebih efektif karena verifikasi menggunakan sistem otomatis lewat komputer.

“Kalau dulu masih manual, jadi sekarang sudah otomatis, pasti terbaca lah kalau ada yang double data dukungan perseorangan ini,” ucapnya.

Selain itu, Makmur mengungkapkan pendaftaran calon perseorangan pun ditetapkan lebih awal ketimbang jalur partai, jika jadwal lewat partai politik diputuskan pada tanggal 16 hingga 18 Juni, justru lewat calon perseorangan dilaksanakan 4 bulan lebih awal yakni pada bulan Februari 2020 nanti.

“Kami dalam tahapannya tanggal 19 sampai 23 Februari, kami akan menerima berkas perseorangan,” bebernya.

Adapun syarat utama dari calon perseorangan, KPU Kota Banjarmasin ujar Makmur telah menetapkan minimal jumlah dukungan yang harus dilengkapi dengan formulir B1-KWK. “38 ribu 3 dukungan minimal dengan dilampiri B1-KWK diisi lengkap dari biodata hingga alamat lengkap, jadi harus teratur juga per wilayah dikumpulkan oleh calon,” ujarnya. (zai/KPO-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya