HUT Tabukan Tampilkan Aneka Kreativitas dan Keterampilan

Marabahan, KP – Luar biasa. Kesan inilah yang muncul ketika menyaksikan puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Kamis (19/12).

Berbagai kreativitas dan pertunjukan ditampilkan muda-mudi setempat pada perayaan HUT Kecamatan Tabukan itu. Beragam penampilan itu di antaranya seperti suguhan tari tradisional, atraksi semaphore dari anak-anak pramuka SMP 1 Tabukan, hingga pertunjukan theatre yang berjudul “Bertobatlah sebelum Terlambat” dari anak-anak SMAN 1 Tabukan.

Sebelum puncak hari jadi, beragam acara dan lomba juga digelar dalam rangkaian menyemarakan HUT Kecamatan Tabukan yang jatuh setiap tanggal 15 Desember itu. Berbagai acara dan lomba itu di antaranya seperti lomba kelotok hias, bulutangkis, tenis meja, lomba futsal putra dan putri, senam massal serta pemeriksaan kesehatan gratis.

Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS yang menghadiri puncak perayaan tampak sumringah dan bangga menyaksikan aneka kreativitas yang disuguhkan.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu seakan larut dalam kebahagiaan yang dirasakan masyarakat yang berasal dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Tabukan.

Dalam sambutannya, isteri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad itu mengingatkan Camat Tabukan untuk membangun wilayah agar kembali jaya atau lebih baik dari terdahulu.

Meminjam slogan berbahasa Inggris “Make Tabukan Great Again” (Jadikan Tabukan Kembali Baik) Noormiliyani menitipkan Tabukan kepada Camat Tabukan Abdi Maulana.

Berita Lainnya
1 dari 1.155
Loading...

“Ulun berpesan, perayaan ke-39 Kecamatan Tabukan ini hendaknya dapat menjadi momentum seluruh lapisan untuk meningkatkan pembangunan dengan memaksimalkan segenap potensi sumber daya alam dan sumber daya masyarakat,” harapnya.

Sementara kepada masyarakat, bupati perempuan pertama di Kalsel itu, berpesan agar menjaga sarana dan prasarana hasil pembangunan sebaik-baiknya serta memanfaatkannya dalam rangka mendukung kelancaran pemerintahan, pembangunan, serta sosial kemasyarakatan yang tidak lepas dari kebijakan-kebijakan Pemkab Batola.

“Slogan Tabukan yang sering didengungkan yakni “Tabukan Hebat” hendaknya mampu mendukung kemajuan Pemkab Batola melalui visi dan misi Batola Setara yang diharapkan tidak lagi tertinggal dari daerah lain,” ucap bupati.

Camat Tabukan Abdi Maulana mengatakan, perayaan Hari Jadi Kecamatan Tabukan ini menjadi bentuk rasa syukur masyarakat atas berdirinya kecamatan setempat.

Beragam rangkaian kegiatan hari jadi, sebut Abdi, selain untuk menghibur masyarakat juga diharapkan dapat menjadi serana menggali segala potensi.

Salah satunya dengan digelarnya karnaval kelotok hias, sebut dia, diharapkan dengan pesatnya pembangunan infrastruktur jalan yang berdampak berkurangnya sarana transportasi sungai kembali dilestarikan bahkan mungkin dapat menjadi destinasi wisata daerah.

“Sungai Tabukan yang alirannya tidak terlalu daeras dan tidak dilewati kapal-kapal tongkang sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai sektor wisata air,” ucap alumni IPDN itu.

Pada puncak peringatan HUT ke-39 Kecamatan Tabukan ini juga dipamerkan sepeda air hasil karya generasi muda setempat.

Niat Camat Abdi Maula melalui pengembangan alat ini diharapkan mampu mengakselerasikan keinginan bupati untuk pengembangan wisata air melalui susur sungai, hotel maupun restoran terapung. (ant/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya