Lomba Jukung Sudur Digelar di Daha

Kandangan, KP – Menggali potensi tradisi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar lomba dayung “Daha Pacu Jukung Sudur 2019”, Minggu (29/12/2019) di Dermaga Tumbukan Banyu, Kecamatan Daha Selatan.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, lomba jukung sudur dilaksanakan untuk mengakhiri tahun 2019, sekaligus dalam rangkaian hari jadi ke-69 Kabupaten HSS.

Bupati Fikry berharap, lomba tersebut memberikan manfaat dan bisa menjadi penyemangat untuk masyarakat Daha, untuk menyalurkan keterampilan mendayung jukung sudur.

“Acara seperti ini harus kita lanjutkan untuk tahun-tahun yang akan datang,” ucapnya.

Camat Daha Selatan Nafarin melaporkan, dasar terlaksananya lomba tersebut merupakan keinginan masyarakat wilayah Daha, yakni Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat, untuk terus melestarikan tradisi masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 1.197
Loading...

Diadakannya lomba tersebut, diharapkan pula menciptakan atlet-atlet muda yang berbakat, untuk mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan dayung.

Salah seorang peserta, Marzuki berharap, lomba tersebut bisa terus dilaksanakan dan lebih ditingkatkan lagi.

“Tetap semangat untuk semua peserta, juga nantinya jika diadakan lomba seperti ini lagi, agar mengajak teman-teman lain yang ingin ikut,” tuturnya.

Lomba jukung sudur diikuti sebanyak 42 tim, terdiri peserta dari Kecamatan Daha Selatan 16 tim, Kecamatan Daha Utara 19 tim, dan Kecamatan Daha Barat 7 tim. Setiap tim berjumlah 4 orang, sehingga jumlah total peserta sebanyak 168 orang.

Jarak tempuh peserta lomba, dari start ke garis finish kurang lebih 300 meter. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya