Musim Penghujan Masyarakat HSS Diimbau Waspada

Kandangan, KP – Perubahan cuaca yang sekarang masuk puncak musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) mengimbau meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

Pemkab HSS telah melakukan upaya peringatan dini, kepada masyarakat dalam rangkan meningkatkan kesiagaan, melalui Perbup yang menetapkan status siaga darurat bencana terhitung 1 Desember 2019 sampai 31 Januari 2020.

Kepala BPB Kesbangpol, Efran saat didatangi di kantornya menerangkan, berdasarkan informasi BMKG Banjarbaru, wilayah HSS diperkirakan puncak musim penghujan sampai Januari 2020.

“Tentunya hal itu berdampak pada kemungkinan terjadi bencana seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor, dan itu perlu kita waspadai bersama,” tuturnya.

Ditambahkannya, hal itu bisa saja berpotensi ditingkatkan menjadi status tanggap darurat, apabila terjadi peningkatan cuaca yang terindikasi bisa berdampak besar.

Berita Lainnya
1 dari 1.197
Loading...

Efran memgimbau masyarakat, untuk meningkatkan kesiapansiagaan, kewaspadaan dan rasa kepedulian di lingkungan masing-masing. Terutama ujarnya masyarakat yang bermukim di bantaran sungai disarankan melihat, memonitor serta memantau kondisi bangunan rumah dan tebingnya masing-masing.

Selain itu juga diimbau mewaspadai pohon-pohon di sekitaran tempat tinggal, yang akan berdampak pada angin puting beliung dan menyebabkan terjadinya pohon tumbang.

Ia mengimbau jangan segan untuk melaporkan kepada pihak terkait, jika ada indikasi terjadinya musibah bencanan yang membahayakan, baik melalui telepon maupun aparat desa setempat.

“Pohon yang sudah tua, bisa dikoordinasikan untuk dilakukan penanganan. Kami dari badan penanggulangan bencana daerah siap membantu masyarakat. Seperti kalau ditemukan pohon mau tumbang, dan membahayakan kami siap melakukan penanganan,” ucap Efran.

Saat ini ungkapnya, sudah lebih 20 pohon tumbang di wilayah pemukiman masyarakat di HSS, yang menimla jalanan hingga rumah warga. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya