Polres Balangan Gelar Konfrensi Pers Akhir Tahun

Paringin, KP – Polres Balangan gelar konferensi pers akhir tahun 2019 yang dihadiri langsung Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid didampingi sejumlah pejabat utama Polres Balangan, di depan Mapolres Balangan, Selasa (31/12).

Kegiatan dihadiri sejumlah insan pers dari berbagai media, baik media cetak maupun online yang ada di wilayah Balangan.

Mengawali konfrensi pers ini Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid menyampaikan, bahwa selaman tahun 2019 Polres Balangan berhasil menekan angka kejahatan hingga 4 persen.

Keberhasilan itu didapat dari data tindak pidana yang terjadi pada tahun 2018 sebanyak 235 kasus, sedangkan pada tahun 2019 terjadi 224 kasus yang terjadi.

Pada tahun 2019 ini tindak pidana didominasi oleh tindak pidana ringan (tipiring) dan narkoba, tipiring sebanyak 64 kasus dan narkoba sebanyak 42 kasus, sisanya tindak pidana umum yaitu pencurian dengan pemberatan (curat) 18 kasus dan kepemilikan senjata tajam (sajam) 18 kasus.

Disebutkannya, kasus menonjol yang terjadi di Balangan selama tahun 2019 yaitu ungkap tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu seberat 1,2 kg dan pencurian dengan pemberatan berupa laptop di SMPN 1 Lampihong sebanyak 22 unit.

Berita Lainnya

Dua Bedakan Hangus Terbakar

1 dari 863
Loading...

Ditambahkannya juga, Selama tahun 2019 Polres Balangan ada mengungkap 7 kasus karhutla dengan penyelesaian tahap 2 (P21) sebanyak 1 kasus, 6 kasus lainnya sudah tahap 1 atau pelimpahan ke Kejaksaan.

Sedangkan dibidang lalulintas, di tahun 2019 ada peningkatan sebanyak 10 kasus dibanding tahun 2018 yang hanya 8 kasus.

Dari hasil penyidikan sebagian besar disebabkan oleh faktor human error dan melebihi batas kecepatan. Dari 18 kasus ditahun 2019 tersebut mengakibatkan 9 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat, dan 19 orang luka ringan.

Menurut Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid, Keberhasilan pengungkapan kasus tindak pidana di tahun 2019 ini merupakan hasil yang diperoleh dari giat penegakan hukum yang dilakukan oleh masing-masing satuan fungsi hingga ketingkat polsek jajaran melalui upaya peningkatan profesionalitas dibidang penyelidikan dan penyidikan.

“Selain tindakan represif Polres Balangan juga melakukan giat imbangan dibidang preventif dengan cara pengaktifan kembali pos kamling dan patroli di desa-desa, yang tentunya juga tak terlepas dari kerja keras dan bantuan dari masyarakat dalam membantu mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” katanya.

Diakuinya, secara umum Polres Balangan berhasil menurunkan angka kejahatan dengan tingkat kesuksesan sebesar 4 persen dibandingkan tahun 2018 lalu.

Disampaikannya juga, berkaitan dengan kasus lalu lintas, Polres Balangan telah melakukan upaya preemtif dengan melaksanakan dikmas lantas ke sekolah-sekolah, komunitas maupun pemasangan spanduk dititik-titik rawan laka lantas. (jun/KPO-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya