PUPR 2020 Prioritaskan Infrastruktur Pariwisata

Arifin dan Khuzaimi

Banjarmasin, KP – PUPR Kota Banjaramasin tahun 2020 dipastikan akan melakukan pembangunan yang memprioritaskan infrastruktur agar bisa meningkatkan kepariwisataan daerah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjarmasin, Ir H Arifin Noor mengatakan, pada tahun tersebut pemerintah memprioritaskan pembangunan infrastruktur ke daerah-daerah kepariwisataan.

“Sesuai komitmen pemerintah dimana pemerintah ingin memajukan pariwisata, untuk itu pembangunan infrastruktur baik jalan dan jembatan adalah yang menjadi prioritas ke depan,’’ ujar Arifin, Minggu (1/11).

Disela-hadir acara pesta perkawinan, Ariffin di Gedung Ukhuwah Banjarmasin, dipaparkan kini Pemko sedang mengembangkan pembangunan di Pulau Bromo kemudian disusul kawasan lainnya.

Jadi, ujarnya, kini Pulau Bromo sedang dibangun jembatan penyeberangan untuk mendukung kepariwisataan dari Dinas Pariwisata, katanya.

Bahkan, katanya, dengan adanya jembatan penyeberangan, warga setempat bisa melewati jalan darat, selain jalur air dengan klotok juga harus tetap dipelihara. “ Masyarakat setempat juga akan merasakan dampak positifnya, seperti masyarakat bisa membuka usaha kuliner atau kerajinan khas daerahnya sehingga bisa meningkatkan ekonomi warga disana,’’ ujarnuya.

Bahkan, tak menutup kemungkinan akan diperbaiki infrastruktur di kawasan lain. Bisa saja nanti Pulau Biuku yang akan diperbaiki jalan dan jembatan di kawasan sana.

Sedangkan Kabid Pengembangan Pariwisata Disbudpar Kota Banjarmasin, Ir HM Khuzaimi mengatakan, selain tetap memelihara dan menjaga destinasi kepariwisataan di kota sungai ini, pemerintah juga tetap akan menggali lagi potensi wisata di kawasan lainnya.

Menurutnya, dengan berkembangnya kota sungai menjadi salah satu tujuan utama wisata di Indonesia, pemerintah kota juga dapat mengangkat kesejahteraan dan ekonomi warga setempat.

Ia mengatakan, infrastruktur yang baik akan sangat mendukung kepariwisataan apalagi jika infrastuktur tersebut tetap mengutamakan kearifan lokal yang menjadi daya tarik wisatawan. (vin/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...