Ansharuddin Terima LHE SAKIP 2019

Paringin, KP – Bupati Balangan, H Ansharuddin menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 untuk pemerintah provinsi/kabupaten/kota wilayah II, dengan predikat nilai B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biokrasi, Senin (27/01) di Insya Putri Bali, kawasan Wisata Nusa Dua Bali.

Bupati H Ansharuddin selepas menerima penghargaan dari Kementerian PAN-RB yang diserahkan melalui Gubernur Kalsel Sahbirin Noor (paman Birin), mengatakan bahwa hasil capaian nilai SAKIP Kabupaten Balangan tahun 2019 ini memuaskan yakni mendapat nilai B. Predikat ini kata Ansharuddin, hendaknya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja seluruh OPD di lingkup Pemkab Balangan.

Diterangkan Ansharuddin bahwa Dasar hukum implementasi sakip adalah Permenpan nomor 53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja pelaporan kinerja dan tata cara reviu atas laporan kinerja instansi pemerintah di mana secara secara definisi operasional bahwa akuntabilitas pemerintah ini adalah merupakan suatu wujud konkret pelaksanaan tugas pemerintahan kepada masyarakat dan dengan menekankan pada aspek manfaat bagi masyarakat atau Indikator out came.

Bupati mengatakan, untuk mewujudkan aparatur yang bersih, akuntabel, dengan kinerja yang efektif dan efisien, serta aparatur yang mampu memberikan pelayanan yang kian membaik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan dua evaluasi.

Diantaranya, evaluasi atas penerapan Reformasi Birokrasi (RB), dan evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Untuk provinsi Kalsel, Kabupaten Balangan termasuk salah satu peserta evaluasi SAKIP tahun 2019. Pada tahun ini nilai akuntabilitas Pemkab Balangan mendapat nilai ‘B’.

Berita Lainnya
1 dari 1.238
Loading...

Bupati menyebutkan, nilai tersebut merupakan kerja keras semua perangkat daerah. “Secara umum penyelenggaraan pemerintahan semakin baik dan hasil penilaian ini adalah salah satu indikatornya. Kita sangat bersyukur atas prestasi ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut bupati mengapresiasi kinerja perangkat daerah yang bersama-sama membuat hal ini terjadi, dengan demikian, semuanya sudah memahami visi dan misi Pemkab saat ini.

“Saya minta agar seluruh kepala perangkat daerah dilingkup Pemkab Balangan agar lebih memaksimalkan kinerjanya lagi. Yang hasilnya berdampak bagi masyarakat.

Seperti diketahui sebelumnya, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawas, M Yusuf Ateh menyampaikan, apresiasi upaya dan perjuangan seluruh gubernur, bupati dan walikota dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja di lingkungan pemerintahannya. Pasalnya, mengubah mind set seluruh pegawai tidaklah mudah, mengajak untuk berubah sungguh sulit.

“sekarang bukan saatnya kita berpangku tangan dan berdiam diri dalam menghadapi perubahan, arus perubahan dalam tata kelola pemerintahan tidak bisa dibendung atau dihentikan, ia akan terus mengaliri nadi pemerintahan,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh pimpinan pemerintah daerah serta harapan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk segera berubah dan berbenah.

“Mari kuatkan sinergi dan optimisme untuk menjalankan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, sehingga amanah rakyat melalui anggaran negara dapat dimanfaatkan seluasnya untuk kemajuan bangsa,” pungkasnya. (jun/rel/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya