Bupati Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat Sungai Batang

Martapura, KP – Bupati KH Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Hj Raudathul Wardiyah, Dandim 1006 Martapura Letkol Armed Siswo Budiarto, Kadis TPH Ir M Fachri, Kadis Perikanan dan Kelautan Reza Daudy, meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat, di Desa Sungai Batang, Senin (30/12).

Bupati Khalillurrahman mengatakan, pangan merupakan kebutuhan pokok, oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat harus besinergi dalam upaya peningkatan kualitas maupun kuantitasnya.

“Bahkan Presiden Joko Widodo memprogramkan untuk menggenjot masyarakat agar memanfaatkan lahan tidur untuk pertanian, perkebunan dan perikanan, agar 2045 nanti Indonesia menjadi negara lumbung pangan dunia,’’ tandasnya.

Berita Lainnya

Ini Tiga Langkah Keamanan Di Martapura Timur

Pendisiplinan Prokes, Pemkab Gelar Razia Masker

1 dari 1.185
Loading...

Menurutnya, masyarakat Kabupaten Banjar tidak perlu malu menjadi petani pertanian, perkebunan dan perikanan, karena ini pekerjaan sangat mulia. Tanpa adanya pangan, secanggih apapun teknologi suatu negeri, masyarakatnya akan hidup susah dan menderita.

Kadis Ketahanan Pangan Ir Edy Hasby menjelaskan, Lumbung Pangan Masyarakat yang dibangun di Desa Sungai Batang ini didirikan berdasarkan potensi wilayah Kecamatan Martapura Barat dalam meningkatkan ketersediaan pangan.

“Agar secara kualitas dan kuantitas nantinya hasil pertanian, perkebunan dan perikanan di Martapura Barat dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Banjar, bahkan bisa jadi pemasok daerah lain,’’ tandasnya.

Lumbung Pangan Masyarakat Desa Sungai Batang ini, tambahnya, didirikan dengan menggunakan anggaran Pemkab Banjar 2019, terdiri dari 3 bangunan. Pertama untuk pemijahan, bangunan kedua untuk produksi dan ketiga sebagai tempat penyimpanan. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya