Diapresiasi Pembangunan Pabrik Dolomite

Banjarmasin, KP – Komisi II DPRD Kalsel mengapresiasi rencana pembangunan pabrik dolomite di daerah, karena pabrik pengolahan dan produksi ini dapat menunjang peningkatan produksi pertanian.

“Kita mengapresiasi rencana PT Alam Hijau untuk membangun pabrik dolomite,’’ ujar Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo usai meninjau pabrik dolomite milik H Parlin, yang merupakan orang Banua, Jumat.

Rencananya pembangunan pabrik dolomite di Kalsel akan ditempatkan di Kabupaten Barito Kuala, agar memudahkan pasokan bahan baku maupun distribusi kepada petani.

“Barito Kuala merupakan salah satu lumbung pertanian di Kalsel, yang memiliki lahan rawa dan memerlukan banyak dolomite untuk meningkatkan PH tanah,’’ ungkapnya.

Imam mengungkapkan, keberadaan pabrik di Kalsel jelas akan menunjang sektor pertanian, karena dolomite pupuk dan sebagainya merupakan kiriman dari Jawa.

Berita Lainnya
1 dari 458
Loading...

“Ini jelas akan membantu ketersediaan dolomite untuk pertanian,’’ ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia.

Selain itu, adanya pabrik ini diharapkan dapat menyerap tenaga-tenaga kerja muda dan minat bekerja pada sektor pertanian.

“Dengan produksi pertanian meningkat tentu akan menyerap tenaga kerja muda, yang selama ini rendah minat terhadap sektor pertanian diharapkan kembali berminat pada hal tersebut,’’ tambah Imam Suprastowo.

Kunjungan kerja ke pabrik dolomite yang ada di daerah Gresik ini untuk melihat dan memastikan secara langsung proses produksi pada pabrik dan lingkungannya.

“Kita ingin memastikan bagaimana kondisi perusahaannya dan gangguan terhadap lingkungannya terutama, jangan sampai nanti ada dampak terhadap lingkungan,’’ jelasnya. (lyn/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya