Dinas PUPR dan Dishub Kolaborasi Musnahkan Pampangan di Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Fenomena pampangan di Sungai Martapura kawasan Banjarmasin Tengah tepatnya di Jembatan Antasari dan Jempatan Pasar Lama beberapa waktu terakhir ini membuat 2 instansi berkolaborasi memusnahkan tumpukan sampah yang terbentuk dari kayu dan eceng gondok itu.

Kedua instansi itu tidak lain adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin yang dalam hal ini bertugas untuk mengamankan arus lalu lintas di sungai Martapura.

Bahkan Dinas PUPR melalui Bidang Sungai dalam hal ini sudah berupaya maksimal dengan menurunkan 5 grup pasukan turbo yang berjumlah 46 orang untuk membuka kembali jalur lalu lintas yang tertutup, dibantu oleh pihak ketiga yang ditugaskan oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

“Semua grup ada 5 grup total pekerja sekitar 46, hari ini pasukan turbo kami turunkan semua grup ke Sungai Martapura, 5 grup dikali 9 orang jadi ada 45 orang, Ada 1 orang koordinator pengawas jadi total 46 orang,” kata Hizbul Wathony selaku Kepala Bidang Sungai, Dinas PUPR kota Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 1.746
Loading...

Menurut Thony begitu sapaan akrabnya, Target hari ini pasukan turbo mengupayakan dulu agar transportasi air tidak terganggu, kalau untuk membereskan semuanya pasti hari ini tidak mungkin kecuali ada kapal sapu sapu atau pakai alat berat lainnya.

“Paling tidak kami berusaha membuka jalur transportasi airnya dulu agar kapal dan kelotok bisa lewat,” bebernya.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan, Ichwan Noor Chalik mengungkapkan pihaknya sudah menganggarkan pembukaan alur Sungai Martapura tersebut ketika terjadi pampangan seperti saat ini.

“Kalau ada pampangan, maka kami hanya membuka pampangan agar bisa dilewati kapal, utamanya di bawah jembatan Pasar Lama dan jembatan Sudimampir,” ucap ichwan.

Menurutnya, pencegahan pampangan dari Dinas Perhubungan tidak dikerjakan oleh personel Dishub, melainkan dikerejakan pihak ketiga, “Sementara bergantian dengan PUPR untuk mencegah terjadinya pampangan,” pungkas Ichwan.(zai/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya